ANALISA USAHA GEROBAK

Anda ingin berwirausaha dengan modal kecil ? Dengan analisa usaha gerobak, manajemen yang teliti usaha ini dapat berkembang dengan pesat karena tingginya minat masyarakat Indonesia. 
Disini kita asumsikan saja bahwa kita memulai dari nol dengan peralatan yang kita beli merupakan peralatan baru. Asumsinya, analisa usaha gerobak yang kita gunakan kita targetkan untuk masa pemakaian selama 3 tahun atau 36 bulan, sedangkan peralatan masak kita asumsikan dapat bertahan selama 2 tahun atau 24 bulan. Untuk bahan baku dan bahan pelengkap, kita hitung berdasarkan harga rata-rata tertinggi yang berlaku di berbagai daerah. 
Keuntungan bersih tidak bersifat mutlak, harga barang kebutuhan yang tidak bisa diprediksi bisa membuat biaya pengeluaran/belanja harian dapat lebih tinggi ataupun lebih rendah. 
Analisa Usaha Gerobak Martabak 
Tertegun juga membeli martabak telor didekat rumah..rasa keisengan mulai menyelimuti diri saya utk bertanya apakah menguntungkan atau tidak…kaget juga setela bertanya omset perhari bisa mencapai Rp 1,5 juta luar biasaaa…padahal cuma dikerjakan sendiri sama dibantu 1 adiknya. buka hanya sekitar 5 jam dari jam 4 sore sampai jam 9 mlm…berikut saya coba rangkum analisa usahanya: 
Yang Khas dari Martabak Terdapat dua jenis martabak yang populer di Indonesia, yaitu martabak manis atau ada juga yang menyebutnya kue terang bulan, dan martabak telur. Dari dua jenis martabak ini mempunyai ciri dimakan hangat – hangat dan dijadikan teman minum teh atau kopi. Khusus martabak telur, banyak juga orang yang menjadikannya teman makan nasi. 
pemanfaatan peluang usaha Segmen pasar dari Martabak telur ini adalah pasar pelajar dan pekerja kantoran,orang – orang yang sedang bepergian yaitu Segmen pasar yang punya aktiftas dari pagi hingga sore hari ini. Peluang usaha martabak telur tidak pernah ada matinya.usaha yang satu ini tidak membutuhkan modal yang banyak bisa dikata usaha dengan modal kecil tapi untung besar.sangat cocok untuk usaha sampingan. 
Sukses tidaknya usaha martabak telur tergantung lokasi yang Anda pilih.dalam menjalankan usaha martabak telur pada umumnya buka mulai jam18.00 wib sampai habis, soal lokasi ada pada tempat – tempat keramaian, jalan yang ramai dilalui banyak orang terutama jalan – jalan protokol perkotaan, kebanyakan orang sehabis berbelaja akan mampir untuk membeli oleh – oleh martabak telur. Untuk informasi usaha Bagi Anda yang berada pada lokasi di sekitar perkantoran atau kampus bisa membuka usaha martabak telur pada jam – jam aktifitas mereka. 
Guna untuk memperoleh pelangan tetap Anda harus memperhatikan mutu dan kelezatan martabak telur yang Anda kelola, terutama pemakaian minyak goreng, jangan sampai menimbulkan rasa rik yang mengakibatkan batuk sehabis makan martabak telur. Soal harga biasanya ada 3 macam, martabak telur biasa dengan harga Rp 6.000,00 sepesial Rp 15.000,00 dan martabak telur spesial + daging Rp 20.000,00.harga pada umumnya.agar supaya peluang usaha martabak telur,  Anda bisa bersaing dan menarik pelangan Anda bisa menjual di bawah harga tersebut.Anda masih memiliki untung. 
Tempat Usaha 
Hampir semua tempat bisa dijadikan lokasi untuk usaha kuliner martabak. Buktinya di berbagai pusat keramaian dan ruas jalan pasti akan ditemukan satu atau dua usaha kuliner martabak. Untuk mendapatkan tempat yang paling strategis, Anda harus melakukan survei terlebih dulu. Biasanya, usaha kuliner martabak berdiri di pasar, sekitar perumahan, kawasan perkantoran, tempat wisata, di mal atau pusat perbelanjaan. 
Perlengkapan Usaha 
Perlengkapan usaha standar yang harus dimiliki saat ingin membuka usaha kuliner martabak atara lain gerobak bagi yang berjualan kaki lima atau etalase bagi yang berjualan di kios, peralatan masak seperti kompor dan tabung gas, wajan datar dan spatula untuk menggoreng martabak telur, saringan minyak, dan loyang bulat untuk membuat martabak manis. Sedangkan perlengkapan lainnya adalah aneka wadah plastik untuk menyimpan adonan kulit dan isi, pisau, parutan keju, serta kertas roti dan boks makanan. 
Karyawan 
Usaha kuliner martabak bisa dijalankan sendiri atau dibantu karyawan. Jika tidak ahli meracik martabak, Anda bisa memercayakan semua proses produksi kepada karyawan. Namun semua kegiatan usaha tetap berada di bawah pengawasan Anda sekalian. Karyawan ini bisa Anda bayar perbulan dengan kisaran gaji Rp 800.000 – Rp 1.000.000. 
Promosi 
Diawal usaha, Anda bisa melakukan promosi standar. Misalnya, dengan memasang spanduk, tidak hanya ditempat usaha, tetapi juga dibeberapa lokasi strategis didekat tempat usaha. Dan untuk menarik lebih banyak pembeli, Anda bisa menyebarkan leaflet di mal, pasar, dan perumahan di dekat tempat usaha. 
Resiko Usaha 
Pesaing adalah resiko yang paling sering dihadapi usaha martabak. Apalagi akhir – akhir ini semakin banyak orang yang mendirikan usaha martabak waralaba. Oleh karena itu, saat survei lokasi usaha, carilah tempat yang belum banyak penjual martabaknya. Kalaupun sudah ada usaha martabak, sebaiknya pilih lokasi yang letaknya tidak berdekatan. 
Analisa Usaha Martabak 
Asumsi 
1. Masa pakai gerobak/etalase 4 tahun 
2. Masa pakai kompor dan tabung gas 4 tahun 
3. Masa pakai wajan datar dan spatula 4 tahun 
4. Masa pakai saringan minyak 3 tahun 
5. Masa pakai loyang/pan bulat 4 tahun 
6. Masa pakai wadah plastik 3 tahun 
7. Masa pakai parutan keju 3 tahun 
8. Masa pakai pisau 3 tahun 
9. Masa pakai peralatan lain 3 tahun 
Tips Menjalankan Usaha Banyak melakukan kegagalan dalam proses produksi, terutama saat membuat martabak telur – kulit terlalu tipis, robek saat ditipiskan atau digoreng – sedikit banyak bisa mengurangi omset dan keuntungan yang Anda peroleh. Oleh karena itu, proses pembuatan adonan martabak harus dipelajari dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan mencoba beberapa komposisi bahan baku dan proses pembuatan, sampai Anda menemukan yang benar – benar pas. Selain itu, salah satu cara menghindari kulit martabak yang cepat sobek adalah dengan menggunakan tepung terigu berprotein tinggi. POTENSI 
KEUNTUNGAN BISNIS MODEL GEROBAK? Peluang yang menggiurkan dari Binis Usaha Kuliner model Gerobak ini adalah membuka cabang jenis usaha yang sama lebih dari satu gerobak atau menjual bisnis Anda dengan cara waralaba. Potensi keuntungannya bisa dihitung dengan asumsi berikut: Misalnya Anda membuka cabang menjadi 10 gerobak, dengan keuntungan per gerobak Rp. 100.000 per hari. Maka jika kita Anda mempunyai 10 cabang maka per hari keuntungan Anda berlipat menjadi (Rp. 100.000 x 10) = Rp. 1.000.000 per hari. Maka dalam sebulan penghasilan Anda mencapai (30 hari x Rp. 1.000.000) = Rp. 30.000.000 per bulan. 
CARA MUDAH MEMBUKA CABANG DAN MEMBUAT WARALABA BISNIS MODEL GEROBAK? Bagaimana cara membuka cabang bisnis kuliner ala gerobak adalah dengan membuat sistem bisnisnya atau SOP (Standard Operating Procedure) dari bisnis model gerobak ini. Bagaimana caranya? Belajarlah membuat sistem SOP dengan cari yang paling mudah, praktis, murah dan bekerja dengan baikK. Karena itu kami merekomendasikan belajar paada ahlinya di link “SOP USAHA BISNIS KULINER MODEL GEROBAK”.

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

JOBDESC MENGGERAKKAN RODA USAHA ANDA?

“Besarkan bisnismu agar bisa membesarkan bisnis orang lain. Kuatkan dirimu agar bisa menguatkan orang lain. Karena hanya baja yang bisa menempa besi”. Saya mempunyai teman

SOP BIKIN OMSET GEROBAK KULINER MELANGIT(2)

membahas tentang Bagaimana menghitung HPP?. HPP adalah Harga Pokok Penjualan atas produk, baik barang dan jasa?. Kita lanjutkan contoh ilustrasi dagang “Nasi Pecel” pada tulisan

GEROBAK USAHA MURAH

Jajanan gerobak , pasti banyak menunggu saat lewat. Bahkan ditempat mangkalpun mereka banyak dicari. Kemungkinan anda salah satunya. Jika ia mengapa tidak membuka usaha sendiri?