PELUANG USAHA GEROBAK MAKANAN

Semua lapisan masyarakat Indonesia, mulai dari penguasa, pengusaha, hingga rakyat biasa memiliki andil terhadap ekonomi nasional. Bahkan, tukang bakso, tukang gorengan, dan segala jenis usaha yang menggunakan gerobak sekalipun memiliki peran dalam menggerakkan roda ekonomi. Namun, masih ada yang sebelah mata memandang peran dari para wirausahawan kelas gerobak tersebut. Terkadang, peran mereka tersilaukan oleh industri yang lebih besar. 
Peluang usaha gerobak makanan keliling dengan gerobak ini sangat prospektif, selama orang masih butuh makan setiap hari dan butuh jajan sebagai bagian dari budaya indonesia yang turun temurun. Ditambah dengan iming-iming profit yang lumayan dari peluang usaha gerobak, yang sekitar diatas 50%. akan menambah semakin banyak orang yang ingin terjun ke bisnis makanan ini. 
Terutama peluang usaha gerobak makanan dengan modal gerobak yang ditujukan untuk menjual makanan dengan sistem “jemput bola”, yaitu kita sebagai penjual yang mendatangi konsumen. Karena memulai peluang usaha gerobak keliling ini tidak terlalu membutuhkan modal banyak untuk memulainya. 
Investasi hanya pada gerobak dan peralatan pendukungnya, yang hanya menghabiskan modal sekitar 1,5 juta untuk gerobak dan 500rb untuk peralatannya. ditambah modal kerja sekitar 500rb untuk beberapa hari dagang, anda sudah bisa memulai bisnis makanan dengan gerobak keliling ini. 
Kualitas Makanan/ Masakan 
Kualitas makanan atau masakan sangat menentukan nilai jual dan daya tarik pelanggan. Semakin baik kualitas makanan dan masakannya, maka semakin baik juga minat pelangganya. Kualitas masakan dan makanan ini begitu sangat pentingnya bagi hubungan baik dengan konsumen. 
Mengapa demikian? Sebab, kualitas dapat menjaga dan mempertahankan minat selera pelanggannya untuk tetap membeli. Misalnya, pernahkah anda membeli makanan pada penjual keliling tertentu yang masakannya asal-asalan sehingga kualitas makannya buruk menurut anda? Jika anda pernah, tentu itu merupakan pengalaman pahit bagi anda dan tidak mungkin anda mau membelinya lagi. 
Oleh sebab itu, makanan yang berkualitas akan membuat konsumen merasa senang dan puas. Jika konsumen sudahmerasa tertarik dengan awalnya, maka ia akan terus membeli lagi. Status sebagai konsumen pun bisa berubah menjadi pelanggan. Hal ini karena konsumen sudah merasa puas dan cocok dengan produk makanan yang sedang anda jajakan. 
Oleh karna itu, jika anda ingin maju dan berkembang, meskipun anda berjualan bakso keliling, masakan dan makanan yang anda produksi harus berkualitas, sehingga anda akan di pertahankan oleh konsument. Bagaimana cara mengukur tinggkat kualitas masakan dan makanan anda? Caranya gampang, tinggal anda buat jenis makanan tertentu dan bagikan kepada krabat atau tetangga dekat. Setelah itu, baru Tanya bagaimana masakan atau rasa makannya? Apakah enak atau kurang. Kira-kirasudah pantas untuk di jual? 
Pertanyaan tersebut harus diajukan kepada siapapun yang akan mencoba produk anda. Jika belum pas atau kurang lezat, maka anda harus terus memperbaiki racikan bumbunya sehingga membentuk makanan yang nikmat. Dalam hal ini, anda harus terbuka akan kritik dan saran dari orang yang telah mencoba makanan anda. Perbaikan terhadap racikan olahan masakan dan makanan tersebut anda lakukan sampai bisa di biloang nikmat. Maka, setelah itu, anda bisa mencoba menjualnya. 
Menentukan Harga 
Pemilihan harga yang pas dan sesuai merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam berjualan. Biasanya, konsumen yang membeli makanan disebabkan oleh dua hal selain kebutuhan. Pertama, kualitas rasa. Kedua, harganya. Jika kualitas rasa makanannya bagus tetapi mahal, biasanya kalangan tertentu saja yang membelinya. Jika kualitas rasanya teruji dan harganya terjangkau untuk tidak di bilang murah maka sudah dapat di pastikan konsumennya juga banyak. Jadi, harga makanan juga dapat mempengaruhi banyak-tidaknya konsumen. 
Selain memang kualitas rasanya yang bagus, anda juga harus memperhatikan berapa harga jual yang harus di patok untuk konsumen. Anda harus jeli dan memanfaatkan poin ini, karena banyak pesaing yang harus di perhitungkan. Pesaingnya biasanya bukan cumin kualitas rasa, tetapi juga harga. Anda tidak mungkin mematok harha di atas harga lainya sementara produk makanan dan rasanya, atau bahkan kuantitasnya, sama 
Dalam usaha berjualan ada istilah “ biar pun untung sedikit yang penting pembeli banyak, dari pada untung besar tetapi pembeli sedikit”. Istilah ini bisa anda ubah. Misalnya, “ biarpun untungg nya agak banyak yang penting konsumennya banyak”. Memang agak berbeda, tetapi ini menandakan bahwa dalam mengambil harga, anda jangan terlalu rendah dan juga jangan terlalu tinggi. Ambilah tengah-tengahnya saja, yang jelas harganya terjangkau dan anda menyuguhkan kualitas rasa yang bagus. 
Cara menentukan hargapun tidak terlalu sulit. Anda tinggal melakukan survey atau peninjauan beberapa harga jenis makanan tentu yang anda jual dengan yang ada di pasaran. Harga pasaran ini bisa di temui. Misalnya, jika anda ingin berdagang bakso, maka berapa harga satu mangkuk bakso di pasaran. Misalnya Rp 10.000 – Rp 12.000. anda kemudian bisa mengambil tengahnya, misalnya Rp 8.000 atau 9.000. tetapi, dengan harga sebanyak itu, anda harus menjamin kualitas rasa dan kuantitas makanannya. 
POTENSI KEUNTUNGAN BISNIS MODEL GEROBAK? Peluang yang menggiurkan dari Binis Usaha Kuliner model Gerobak ini adalah membuka cabang jenis usaha yang sama lebih dari satu gerobak atau menjual bisnis Anda dengan cara waralaba. Potensi keuntungannya bisa dihitung dengan asumsi berikut: Misalnya Anda membuka cabang menjadi 10 gerobak, dengan keuntungan per gerobak Rp. 100.000 per hari. Maka jika kita Anda mempunyai 10 cabang maka per hari keuntungan Anda berlipat menjadi (Rp. 100.000 x 10) = Rp. 1.000.000 per hari. Maka dalam sebulan penghasilan Anda mencapai (30 hari x Rp. 1.000.000) = Rp. 30.000.000 per bulan. 
CARA MUDAH MEMBUKA CABANG DAN MEMBUAT WARALABA BISNIS MODEL GEROBAK? Bagaimana cara membuka cabang bisnis kuliner ala gerobak adalah dengan membuat sistem bisnisnya atau SOP (Standard Operating Procedure) dari bisnis model gerobak ini. Bagaimana caranya? Belajarlah membuat sistem SOP dengan cari yang paling mudah, praktis, murah dan bekerja dengan baikK. Karena itu kami merekomendasikan belajar paada ahlinya di link “SOP USAHA BISNIS KULINER MODEL GEROBAK”.

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

MITOS TENTANG SISTEM

Ada yang bilang bisnis itu… –          Susah… rumit… –          SOP hanya untuk perusahaan besar… –          Hanya diperlukan kalau karyawan sudah banyak… –          Sudah dibuat tapi

USAHA GEROBAK NASI GORENG

Usaha gerobak Nasi Goreng Modal Kecil Untung Besar , Di tahun 2017 ini Usaha nasi goreng nampaknya telah menjadi salah satu peluang usaha yang cukup

TEMUKAN BEST PRACTICE BISNIS ANDA

Best Practice atau praktik terbaik dapat didefinisikan sebagai suatu cara paling efisien (upaya paling sedikit) dan efektif (hasil terbaik) untuk menyelesaikan suatu tugas, berdasarkan suatu

Team yang Not Work

Mengapa Teamwork tidak bisa works (bekerja) seperti yang diharapkan? Padahal Team sudah ditraining, sudah dimotivasi, dan diarahkan sedimikian rupa, akan tetapi belum bisa maksimal. Sesungguhya,