PERHITUNGAN MODAL USAHA JAJANAN GEROBAK

Siapa sih yang hari ini engga mengenal siomay? Engga kekinian ya, he he he… memang siomay itu makanan yang sudah sangat familiar di tengah-tengah masyarakat, jadi kayanya aneh aja yah jika ada yang masih belum mengenal siomay karena siomay saat ini bisa dengan sangat mudah kita temui dimana-mana. 
Nah keren nih kalau ada yang memiliki minat untuk buka usaha siomay keliling. In Shaa Allah, berdasarkan pengalaman, jika kita tekun dalam waktu tiga sampai empat bulan biasanya kita sudah bisa menemukan dan memetakan pola usaha kita. 
Dalam waktu itu kita biasanya sudah bisa menemukan mana wilayah-wilayah “basah” yang ramai pelanggan. Bahkan juga, menurut pengalaman, selama waktu itu, kitapun sudah bisa mendapatkan pelanggan-pelanggan baru untuk siomay kita. Dalam waktu awal sekitar tiga sampai empat bulan tersebut, jika kita konsisten, In Shaa Allah kita sudah bisa dan mulai mendapatkan penghasilan yang rutin dan konsisten. Hasil yang didapat juga, relatif cukup baik. Kami yakin, dalam waktu awal tersebut, teman-teman sudah bisa break event point (BEP) atau balik modal. Sebuah waktu yang relatif cukup cepat untuk bisa balik modal dan selanjutnya tinggal menikmati untung saja. Artinya usaha ini bisa memberikan passive income buat teman-teman. 
Kenapa usaha Jualan Somay menjanjikan untuk di kerjakan? 
Seperti yang saya sebutkan sebelumnya siomay merupakan makanan ringan yang banyak disukai oleh masyarkat umum, mulai dari anak anak sampai orang dewasa. Dan juga jajanan ini cocok sekali di konsumsi Kapan saja baik itu pagi, siang, atau sore bahkan malam hari. Tidak perduli cuaca panas atau mendung, bahkan kadang justru paling nikmat makan siomay dalam keadaan hangat saat cuaca hujan. 
Kenapa Memilih Usaha Siomay keliling? 
Ada beberapa alasan dan kelebihan kenapa usaha simay keliling ini bisa dipilih, dantaranya karena : 
1. Jangkauan pemasaran anda akan menjadi lebih luas. 
2. Anda bisa langsung mendatangi pembeli. 
3. Lebih fleksibel dan Bisa menyesuaikan waktu dagang anda. 
4. Modal awal Lebih murah karena tidak harus menyewa ruko. 
5. Cocok untuk dikerjakan dimana saja. 
Siapa saja Target konsumen anda? 
Sebenarnya siapa saja cocok untuk menjadi target konsumen bisnis kuliner siomay ini, tapi karena anda bisa berpindah pindah mungkin akan lebih spesifik lagi jika anda akan mentargetkan anak anak sekolah dan remaja dilingkungan sekolah khususnya saat jam istirahat karena paa saat itu anak anak akan keluar untuk membeli jajanan. 
Selain itu anda juga bisa mencoba keliing untuk menjajakan dagangan anda. Berikut tempat mangkal yang strategis untuk jualan siomay : 
• Ditaman atau lapangan. 
• Disamping sekolahan atau kampus. 
• Di sekitaran pasar. 
• Di depan indomart atau alfamart. 
• Di depan rental Game (ps) atau warnet. 
• Dan masih banyak lagi. 
berapa sih perkiraan modal untuk bisa memulai usaha siomay keliling ini? 
Mari kita buat hitung-hitungannya secara sederhana. Ini usaha siomay keliling yah. 
Ada dua pilihan:- Menggunakan gerobak dorong atau – Menggunakan motor. 
Tetapi kami disini fokus dulu dengan yang menggunakan motor yah. Mari kita hitung bersama:  Motor, tidak usah beli, pakai saja yang sudah ada. Tidak perlu bagus yang penting masih enak dilihat. He he he… (Sekali lagi kami sampaikan, pakai motor yang ada saja ya teman-teman. Biar modalnya tidak terlalu besar). 
 Gerobak siomay untuk motor. 
Perkiraan biaya pembuatan gerobak dengan bahan baku yang baik dan kokoh, yaitu antara Rp.2,5-Rp.3,5 Juta. 
 Dandang dan Kompor Satu Tungku. Perkiraan antara Rp.250 ribu-Rp.350 ribu. 
 Tabung Gas 3 Kg+Isi. Perkiraan Rp.125 ribu-Rp.135 ribu. 
 Siomay+Bumbu. Disesuaikan dengan kebutuhan tetapi bisa kita mulai dengan Rp.150 ribu. 
Total perkiraan biaya jika kita ambil perkiraan harga tertinggi maka total sekitar Rp.4.135.000 atau jika kita bulatkan sekitar Rp.4.150.000. 
Ini adalah perhitungan untuk modal usaha siomay keliling dengan menggunakan gerobak motor. 
POTENSI KEUNTUNGAN BISNIS MODEL GEROBAK? Peluang yang menggiurkan dari Binis Usaha Kuliner model Gerobak ini adalah membuka cabang jenis usaha yang sama lebih dari satu gerobak atau menjual bisnis Anda dengan cara waralaba. Potensi keuntungannya bisa dihitung dengan asumsi berikut: Misalnya Anda membuka cabang menjadi 10 gerobak, dengan keuntungan per gerobak Rp. 100.000 per hari. Maka jika kita Anda mempunyai 10 cabang maka per hari keuntungan Anda berlipat menjadi (Rp. 100.000 x 10) = Rp. 1.000.000 per hari. Maka dalam sebulan penghasilan Anda mencapai (30 hari x Rp. 1.000.000) = Rp. 30.000.000 per bulan. 
CARA MUDAH MEMBUKA CABANG DAN MEMBUAT WARALABA BISNIS MODEL GEROBAK? Bagaimana cara membuka cabang bisnis kuliner ala gerobak adalah dengan membuat sistem bisnisnya atau SOP (Standard Operating Procedure) dari bisnis model gerobak ini. Bagaimana caranya? Belajarlah membuat sistem SOP dengan cari yang paling mudah, praktis, murah dan bekerja dengan baikK. Karena itu kami merekomendasikan belajar paada ahlinya di link “SOP USAHA BISNIS KULINER MODEL GEROBAK”.

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

ANALISA USAHA BAKSO GEROBAK

Usaha bakso adalah satu diantara bisnis makanan yang masih tumbuh subur sampai sekarang. Prospek usaha bakso ditahun 2014 masih terbuka lebar, bagi siapa saja yang

BAHAGIA ITU JIKA KAMU OKE, AKU OK

Komunikasi sehat adalah komunikasi yang dibangun atas dasar keseimbangan pada diri seseorang yang bersifat konstruktif. Pola komunikasi sehat bukan hanya mementingkan diri sendiri, akan tetapi

SIKAP

Tahu saja tidak cukup, lebih penting lagi adalah Sikap kita dalam menghadapi berbagai masalah! ATTIDUTE adalah sikap, prilaku atau cara seorang dalam menempatkan diri atau