PROPOSAL USAHA GEROBAK

Sulitnya mendapatkan pekerjaan sudah menjadi permasalahan umum di Indonesia. Sudah banyak sarjana muda yang akhirnya jatuh dalam kekosongan hidup tanpa memiliki pekerjaan. PHK dari beberapa perusahaan juga membuat banyaknya pengangguran hidup merana di Negara ini. Akhirnya banyak yang di antara kita harus lari mencari titik terang dengan cara menjadi wirausahawan. 
Memiliki usaha sendiri menjadi solusi yang baik untuk kondisi Negara yang belum dapat memberikan lowongan kerja yang cukup bagi rakyatnya. Sisi lain dari wirausaha kita juga dapat memberikan pekerjaan kepada orang lain yang membutuhkannya. Dengan memiliki sikap ulet mau berjuang disetiap naik turunnya permintaan pasar, kuat menghadapi kejamnya pasar, tidak putus asa dalam menghadapi kegagalan dan selalu mempunyai ide cemerlang untuk melakukan pembaharuan menjadi kunci sukses dalam menjalankan wirausaha. 
Sekarang ini sudah banyak wirausaha muda yang telah berhasil menjalankan usahanya dari dapat memberikan pekerjaan kepada orang lain hingga dapat menjangkau bisnis internasional. Menjadi wirausaha sudahlah tidak menjadi masalah sulit bagi kita di era globalisasi ini, mobilitas untuk mengembangkan usaha hingga keluar negeri menjadi mudah. Ada satu hal yang perlu ditambahkan untuk membuat usaha anda menjadi lebih mudah menggapai kesuksesaan, yaitu proposal usaha. 
Dalam mensukseskan usaha kita perlu mempunyai proposal usaha yang baik. Proposal tidak hanya diperlukan bagi usaha besar, usaha yang kecil juga memerlukan proposal agar setiap langkah-langkah usaha dapat diukur untuk menghindari kerugian atau kegagalan ketika menjalankan usaha tersebut. Membuat proposal dilakukan sebelum memulai usaha anda karena proposal diperlukan dengan tujuan agar pelaku yang ingin menjalankan usaha mengerti secara detail hal apa yang diperlukan dan dipertimbangkan dalam mengembangkan usaha atau dapat dikataan proposal merupakan panduan bisnis yang akan mengarahkan setiap langkah anda. T
ujuan lainnya untuk mendapat gambaran awal strategi usaha dari sudut pandang orang lain dengan mempresentasikan proposal anda kepada orang lain atau kepada orang yang lebih paham dengan peluang bisnis. Selain itu dengan adannya proposal kita akan dapat memperhitungkan keuntungan dan kerugian yang akan kita hadapi. 
PROPOSAL USAHA PECEL LELE 
Ikan lele merupakan salah satuikan yang tergolong murah dan mudah untuk didapatkan, hampir di seluruh wilayah Indonesia memiliki potensi untuk budidaya ikan lele. Kemudahan dan kemurahan harga yang dimiliki ikan tersebut, menjadi salah satu daya tarik ikan lele di kalangan masyarakat umum. Ikan lele dapat diolah menjadi berbagai menu makanan, namun menu ikan lele yang paling populer adalah menu pecel lele. 
Konsumen 
Menu masakan pecel lele memang sangat digemari oleh sebagian besar masyarakat. Baik dari kalangan bawah, menengah, hingga kalangan atas pun banyak yang menyukai menu yang satu ini. Harganya yang relatif murah, menjadikan menu pecel lele sebagai santapan para mahasiswa hampir setiap malam. 
Info Produk 
Pecel lele merupakan menu yang terdiri dari perpaduan antara ikan lele yang digoreng garing lalu disajikan dengan sambal dan lalapan, biasanya lalapan yang digunakan antara lain timun, kubis, kemangi, serta ada juga yang menambahi kacang panjang sebagai lalapan tambahan. Sambal yang disajikan pun terkadang bervariasi, ada yang menggunakan sambal dengan tambahan mete, sambal bawang, sambal lombok ijo, sambal terasi, serta sambal tomat. 
Harga yang ditawarkan untuk seporsi lele lengkap dengan lalapannya, sekitar Rp 7.000,00. Untuk variasi menu seperti pecel telur, dihargai Rp 4.500,00 dan untuk pecel ayam biasa dijual dengan harga Rp 8.000,00. Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat akan menu tersebut, kini warung tenda pecel lele telah menjamur dan tersebar di pinggir – pinggir jalan baik di perkotaan maupun di daerah pinggiran. Selain rasanya yang nikmat, menu pecel lele juga memiliki harga yang relatif murah. Maka tak heran lagi jika menu ini diminati banyak konsumen, serta sering dijadikan pilihan menu makan malam oleh anak – anak kost. 
Pemasaran Promosi 
yang biasa digunakan untuk peluang bisnis warung pecel lele, adalah penggunaan spanduk yang bertuliskan nama usaha dan jenis menu yang ditawarkan. Untuk menarik minat konsumen, spansuk juga dilengkapi dengan gambar produk seperti gambar ikan lele atau ayam. 
Disamping itu pemasaran lebih menonjolkan kualitas rasa pecel lele, dan pelayanan yang cepat dan ramah sehingga para pelanggan merasa puas dan akan mempromosikan dari mulut ke mulut kepada orang lain. Kelebihan usaha Dari jaman dulu sampai jaman modern yang penuh dengan menu makanan yang lezat, menu pecel lele masih diminati banyak konsumen. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pelaku bisnis ini, karena menu pecel lele selalu dicari masyarakat Indonesia. Baik di kota besar maupun di daerah – daerah, minat pasar akan pecel lele masih sangat besar. 
Disamping itu untuk membuka usaha ini, tidak membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Sehingga dapat dijalankan oleh para pencari usaha yang modalnya minim. Kekurangan usaha Mudahnya menjalankan bisnis pecel lele, membuat usaha ini banyak ditemukan hampir di semua tempat. Hal ini menyebabkan persaingan usaha tersebut semakin tinggi. 
Kunci Sukses 
Untuk memenangkan persaingan pasar, usahakan untuk tetap menjaga cita rasa masakan Anda. Sambal merupakan faktor penting dalam menu pecel lele, untuk itu jaga cita rasa sambal Anda. Karena kebanyakan usaha pecel lele yang sukses, karena mereka memiliki rasa sambal yang lezat. Selain itu untuk memberikan inovasi, Anda dapat menciptakan menu baru seperti lele krispi untuk menarik minat para konsumen. Siapa sangka, jika hanya dengan bisnis rumahan yang dianggap kecil ini pun mampu menghasilkan keuntungan yang cukup besar per harinya. Bagi yang ingin membuka peluang sukses dengan bisnis rumahan, berikut kami berikan analisis ekonomi untuk membuka usaha pecel lele. 
POTENSI KEUNTUNGAN BISNIS MODEL GEROBAK? Peluang yang menggiurkan dari Binis Usaha Kuliner model Gerobak ini adalah membuka cabang jenis usaha yang sama lebih dari satu gerobak atau menjual bisnis Anda dengan cara waralaba. Potensi keuntungannya bisa dihitung dengan asumsi berikut: Misalnya Anda membuka cabang menjadi 10 gerobak, dengan keuntungan per gerobak Rp. 100.000 per hari. Maka jika kita Anda mempunyai 10 cabang maka per hari keuntungan Anda berlipat menjadi (Rp. 100.000 x 10) = Rp. 1.000.000 per hari. Maka dalam sebulan penghasilan Anda mencapai (30 hari x Rp. 1.000.000) = Rp. 30.000.000 per bulan. 
 CARA MUDAH MEMBUKA CABANG DAN MEMBUAT WARALABA BISNIS MODEL GEROBAK? Bagaimana cara membuka cabang bisnis kuliner ala gerobak adalah dengan membuat sistem bisnisnya atau SOP (Standard Operating Procedure) dari bisnis model gerobak ini. Bagaimana caranya? Belajarlah membuat sistem SOP dengan cari yang paling mudah, praktis, murah dan bekerja dengan baikK. Karena itu kami merekomendasikan belajar paada ahlinya di link “SOP USAHA BISNIS KULINER MODEL GEROBAK”.

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

PENTINGNYA KARTU NAMA (NON) DIGITAL

Kartu nama memunculkan kesan baik dan kepercayaan diri dan profesionalisme dibanding hanya menyebutkan sebatas angka nomor telepon. Mungkin Kartu Nama berbahan kertas sekarang ini dianggap

TIPS SEDERHANA MANAJEMEN SDM

Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi hal penting buat perusahaan, apalagi kalau perusahaan tersebut memiliki jumlah karyawan yang banyak. Kalau Anda mengelola usaha kecil, mungkin

USAHA FRIED CHICKEN GEROBAK

Pedagang kecilpun ikut ambil bagian dalam usaha fried chicken gerobak. Resep dan proses pembuatannya diadaptasi. Meski lebih sederhana, namun usaha ini lumayan menjanjikan. Untuk 1

USAHA GEROBAK GORENGAN

Usaha gerobak Gorengan banyak kita temui di berbagai tempat. Meski demikian masih banyak lokasi yang bisa kita jadikan ladang usaha gerobak gorengan.  Tidak hanya lokasi,