USAHA SOTO AYAM GEROBAK

Soto, siapa yang tidak tahu menu khas Indonesia yang satu ini. Mulai dari anak-anak, dewasa, tua, muda, ekonomi bawah, menengah hingga atas, semua suka soto. 
Terutama soto yang memiliki ciri khas, rasa yang enak, dan lezat. Ada banyak macam nama soto, ada Soto Madura, Soto Makasar, Soto Betawi, Soto Padang, Soto Kudus, dan lain-lain. Jenisnyapun juga banyak, ada soto daging, soto ayam, soto kambing, bahkan soto babat. Namun yang paling banyak penggemarnya adalah soto ayam dan soto daging, baik yang berkuah bening maupun kental. 
Bila anda tertarik dengan usaha soto ayam gerobak ini, anda bisa memulai membuka warung soto dari pagi hingga petang, mengingat orang kerap kali menjadikan soto sebagai menu sarapan, makan siang bahkan makan malam. Anda bisa menggunakan gerobak (kaki lima), atau warung dengan lokasi yang strategis seperti kawasan industri, kampus, pasar, pusat perbelanjaan dan lain-lain. 
Kelezatan soto terletak pada bumbunya. Tentunya anda harus menentukan terlebih dahulu soto apa yang akan anda buat, soto Madura-kah, Makasar-kah, Betawi-kah atau yang lainnya. Karena tentunya masing-masing merek soto tersebut memiliki racikan dan pengolahan yang berbeda. 
Untuk penyajian, pada umumnya soto di hidangkan diatas mangkuk yang telah berisi nasi, potongan daging, tauge, soun, kol, seledri, bawang goreng, kerupuk/emping dan untuk khas Wonosari atau Jogja diberi tambahan lenthuk (sejenis perkedel yang terbuat dari singkong). Agar lebih lengkap cita rasanya sediakan sate telur puyuh bacem atau sate kerang. Dan jangan lupa, agar lebih segar tambahkan sambal dan perasan jeruk nipis. Harga jual soto biasanya Rp.5.000,- permangkuk, atau bisa disesuaikan dengan lokasi berjualan. 
Agar bisnis anda lancar lakukan promosi dari mulut ke mulut dan memasang banner disertai gambar yang menggugah selera. Dan yang paling penting adalah selalu menjaga kualitas rasa yang khas dan lezat, serta memberikan pelayanan yang baik dan ramah. 
Usaha soto ayam gerobak semakin marak karena beberapa alasan : 
1. Usaha soto ayam gerobak ini bisa dimulai dengan skala kecil dengan biaya operasional ratusan ribu dan mendapatkan laba yang cukup besar (lihat analisa biaya). Bahkan dengan hanya menggunakan peralatan dapur yang ada usaha ini bisa dimulai. Gerobak menjadi salah satu alternatif yang sangat penting agar soto mudah dikenal dan dijual. 
2. Peminat soto sangat banyak dari semua kalangan mulai anak anak, dewasa, muda sampai orang tua. 
3. Bahan baku berupa ayam dan sayuran bumbu mudah ditemukan di pasaran sehingga tidak ada kesulitan untuk membuatnya. Aneka jenis ayam mulai ayam sayur , ayam kampung, broiler atau ayam afkiran yang sering kali digunakan sebagai bahan baku soto begitu mudah ditemuakan dipasaran. Bisa dibeli dalam jumlah kecil sesuai dengan kebutuhan. Sayuran berupa bihun, kol, bawang dan seterusnya tidak pernah putus ketersediaannya di pasar. 
4. Masakan berkuah ini sangat mudah untuk dibuat dan bisa dilakukan oleh siapapun sehingga tidak harus memiliki keahlian khusus. Memang diperlukan sebuah upaya yang tekun dan tanpa putus asa untuk menciptakan resep soto berkuah surabaya yang konsistensnya enak terjaga. Lakukan experimen atau percobaan berkali kali sehingga sampai menemukan yang terbaik. 
5. Soto ayam surabaya memiliki keunggulan yakni kuahnya bening segar dan sedap sehingga cocok dihidangkan kapanpun, porsi bisa menyesuaikan, harga terjangkau namun tetap mengenyangkan serta cepat penyajiannya. 
6. Pasar soto sangat terbuka, karena soto surabaya tidak terbatas dihidangkan pada kondisi tertentu saja misal pagi hari untuk sarapan, lebih jauh soto dapat dinikmati siang bahkan malam hari. Menu “all the time” bisa dihidangkan kapanpun. Modal Semua pengusaha membutuhkan modal untuk membuat sebuah usaha, modal tersebut yang akan menjadi acuan awal memulai sebuah bisnis. Perhitungan ideal dibutuhkan agar sesuai dengan hasil yang akan didapat. 
Lokasi 
Dalam membangun sebuah usaha soto ayam gerobak juga perlu di pikirkan tempat atau lokasi yang akan digunakan untuk menunjang masuknya pendapatan yang lebih, lokasi juga menjadi pertimbangan yang cukup besar untuk membangun sebuah usaha, dari lokasi seorang dapat menentukan usaha soto ayam gerobak cocok di bangun pada lokasi yang tepat. Lokasi juga dapat menentukan harga produk yang akan dijual. 
Tenaga kerja 
Untuk membangun sebuah usaha soto ayam gerobak, kita juga pasti membutuhkan tenaga kerja atau karyawan yang akan membantu menjalankan usaha yang akan kita buat. 
Dalam perekrutan tenaga kerja sebaiknya ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi diantaranya: 
 Keahlian Sebaiknya kita merekrut tenaga kerja yang sesuai dengan keahlian bisnis yang kita buat, misalnya kita akan membuat sebuah bisnis kuliner, maka tenaga kerja yang dibutuhkan haruslah sesuai, seperti seorang koki, pelayan, atau jika usaha soto ayam gerobak yang kita buat berskala besar, seperti restoran, maka kita juga membutuhkan manager keuangan. Untuk menjalankan usaha soto ayam gerobak dibutuhkan tenaga juru masak, dan beberapa pelayan. 
 Etika Dalam dunia bisnis, sebuah etika juga diperlukan, bagaimana seorang karyawan bersikap. Perhitungkan juga apakah karyawan tersebut disiplin, bertanggung jawab, rajin, jujur dan tekun? Jika iya, karyawan seperti itu bisa di jadikan tenaga kerja dalam menjalani bisnis. 
Promosi Penjualan 
Di dalam dunia bisnis, promosi atau pemasaran merupakan salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan. Promosi dapat dilakukan dalam bentuk website, spanduk, katalog, atau bahkan informasi dari rekan-rekan. Dalam menjalankan usaha kuliner warung soto ayam ini tidak lupa, untuk tetap menjaga kebersihan keadaan sekitar warung. Perhatikan pembuangan sampah, angkutlah sampah atau limbah yang dihasilkan secara rutin ke tempat pembuangan akhir. 
POTENSI KEUNTUNGAN BISNIS MODEL GEROBAK? Peluang yang menggiurkan dari Binis Usaha Kuliner model Gerobak ini adalah membuka cabang jenis usaha yang sama lebih dari satu gerobak atau menjual bisnis Anda dengan cara waralaba. Potensi keuntungannya bisa dihitung dengan asumsi berikut: Misalnya Anda membuka cabang menjadi 10 gerobak, dengan keuntungan per gerobak Rp. 100.000 per hari. Maka jika kita Anda mempunyai 10 cabang maka per hari keuntungan Anda berlipat menjadi (Rp. 100.000 x 10) = Rp. 1.000.000 per hari. Maka dalam sebulan penghasilan Anda mencapai (30 hari x Rp. 1.000.000) = Rp. 30.000.000 per bulan. 
CARA MUDAH MEMBUKA CABANG DAN MEMBUAT WARALABA BISNIS MODEL GEROBAK? Bagaimana cara membuka cabang bisnis kuliner ala gerobak adalah dengan membuat sistem bisnisnya atau SOP (Standard Operating Procedure) dari bisnis model gerobak ini. Bagaimana caranya? Belajarlah membuat sistem SOP dengan cari yang paling mudah, praktis, murah dan bekerja dengan baikK. Karena itu kami merekomendasikan belajar paada ahlinya di link “SOP USAHA BISNIS KULINER MODEL GEROBAK”.

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

BUANG SAJA SOP ITU! ( Apa Salahnya? )

Berawal dari sebuah restoran. Ada rombongan keluarga yang tidak bisa makan di restoran gara-gara anak bungsunya membawa makanan sendiri dari luar. Kepala keluarga rombongan tersebut

BESAR DAN KUAT

Bisnis tidak hanya dibesarkan, tetapi juga harus dikuatkan! Bisnis dikuatkan dengan System untuk menjamin tata kelola operasional perusahaan berjalan sesuai dengan yang ditetapkan perusahaan. Sistem adalah

PERBEDAAN CEO, OWNER, FOUNDER DAN CO-FOUNDER

Ada yang masih bingung dengan perbedaan CEO, Owner, Founder dan Co-Founder dalam dunia bisnis. Karena itu berikut bisa saya jelaskan sedikit pengertian masing-masing istilah tersebut.

USAHA AYAM BAKAR GEROBAK

Ayam bakar banyak digemari. Namun, kebanyakan orang lebih memilih membeli daripada membuat sendiri makanan ini. Alasannya, tidak ingin repot maupun karena tidak memiliki alat pemanggang.