KESALAHAN DALAM MENYUSUN BUSINESS PLAN

Dalam menyusun Business Plan, business owner harus dapat memastikan bahwa pernyataan Big Goal dan Strategic harus clear sebelum ditetapkan.

Lebih – lebih dalam menuangkan Goal ke dalam rencana aksi (action plan. Karena kesalahan dalam menetapkan obyektif, Key Performance (KPI), target dan Inisiatif akan berakibat fatal bagi perkembangan perusahaan.
*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com
Berikut kesalahan yang sering terjadi dalam membuat Business Plan:
Pertama: Tidak ada data dan tidak melakukan research.
Hal ini disebabkan karena hanya fokus pada masa depan. Padahal data dan pengalaman sekarang dapat memberikan input keberhasilan di masa depan.
Contoh : Index kepuasan karyawan, market share dan jumlah konsumen potensial.
 Kedua: Fokus pada bisnis, bukan pada customer.
Bisnis Anda adalah solusi bagi customer, maka fokuslah pada strategi yang menarik untuk customer. Jika Anda fokus pada rencana pengembangan bisnis tetapi bukan pada keinginan dan kebutuhan customer adalah awal kehancuran.
Contoh: Produk apa yang dibutuhkan konsumen, strategi apa yang membuat konsumen setia, atau keahlian apa yang harus dimiliki karyawan agar konsumen puas.
 Ketiga: Tidak memasukkan rencana pengembangan karyawan.
Keberhasilan mencapai tujuan perusahaan sesuai rencana sangat tergantung dengan kinerja karyawan yang prima.
Pengembangan karyawan dalam ini meliputi kebutuhan fisik yang sehat, kompetensi yang tinggi dan kesejahteraan yang memadahi.
Contoh: Rencana pelatihan kompetensi karyawan, Meningkatkan kesejahteraan karyawan dan  program kesehatan karyawan.
Keempat: Menghindari masalah untuk menutupi masalah.
Setiap bisnis mempunyai problem, ada gap antara harapan dan kenyataan. Karena itu solusi masalah harus masuk dalam perencanaan.
Contoh: Menambah jumlah karyawan untuk mengatasi karyawan yang tidak kompeten, seharusnya cukup dengan meningkatkan kompetensi karyawan agar Anda tidak menambah karyawan.
Dengan menghindari kesalahan – kesalahan dalam membuat action plan diharapkan perusahaan Anda mampu bersaing dan memenangkan persaingan bisnis di tahun 2019.
Semoga bermanfaat,
Salam Founder
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

USAHA JUICE GEROBAK

Siapa sih yang tak mengenal buah-buahan? Tentu setiap orang mengenal makanan alami ini yang mempunyai banyak rupa (belimbing, melon, strawberry, alpukat, pisang dll) dan rasa

BUKAN SALAH MANAJER

Yang menarik dalam sesi Coaching Festival di hari pertama event IBM di SMESCO Jakarta.  Ada 2 dari 3 coachee yang saya tangani menyampaikan permasalahan yang

USAHA PIZZA GEROBAK

Pizza merupakan makanan yang sangat terkenal di seluruh dunia, makanan ini berasal dari negara Italia dan saat ini mudah kita temukan dimana-mana.  Untuk memulai usaha

MEMULAI USAHA GEROBAK MAKANAN

Menekuni berbagai peluang bisnis di bidang makanan memang menjanjikan untung besar bagi para pelakunya. Terbukti tidak hanya pengusaha bermodal besar saja yang memulai usaha gerobak