REWARD DAN PUNISHMENT

Dalam organisasi bisnis akan selalu ditemukan kendala dan permasalahan kinerja SDM, yang jika tidak segera ditemukan solusinya ujung-ujungnya dapat mengganggu kepada kinerja perusahaan.
Pebisnis harus mempunyai ‘alarm’, yang setiap kali berbunyi untuk memberitahukan pemiliknya bahwa bisnisnya ada masalah. Alarm adalah tools atau alat yang berfungsi untuk membantu agar bisnis yang dijalankan tetap on the track sesuai dengan yang diharapkan.
Karena itu aturan organisasi diperlukan untuk memastikan setiap aktivitas organisasi berjalan dengan baik. Dan dalam menjalankan aktivitas organisasi bisnis, diperlukan ‘tools’ yang berupa Reward (penghargaan) dan Punishment (hukuman).

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di  www.mastersop.com

Manfaat penerapan reward dan punishment secara konsekuen dapat membawa pengaruh positif terhadap kinerja team, antara lain:
  1. Tolak ukur kinerja yang berupa prosedur dan sistem kerja di suatu organisasi bisnis menjadi lebih jelas.
  2. Sistem pengawasan yang obyekif dan tepat sasaran semakin meningkatkan kinerja setiap anggota team dalam suatu organisasi bisnis.
  3. Indikator kinerja secara kuntitatif maupun kualitatif lebih pasti dan terukur dalam pencapaian kinerja baik secara individu maupun secara team.
Fungsi dan tujuan penghargaan (rewards) dapat memperkuat motivasi untuk memacu diri setiap anggota team agar mencapai prestasi yang diharapkan. Sekaligus sebagai apresiasi bagi setiap anggota team yang memiliki prestasi lebih.
Sedangkan fungsi dari hukuman (punishment) dimaksudkan untuk membatasi prilaku yang merugikan atau mencegah prilaku yang tidak diharapkan. Hukuman harusnya bersifat mendidik dan memperkuat motivasi untuk tidak bertindak pada prilaku yang tidak diharapkan oleh organisasi bisnis.
Salam Founder
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

ANDA BOLEH KEJAM, ASAL?

Catatan kecil di hari ke 2 Festival Coaching, IBM Genpro 2018 Gurunda coach Dr. Fahmi mengajarkan bahwa SUKSES percaya pada tindakan yang terukur dan dilakukan

BAHAGIA ITU JIKA KAMU OKE, AKU OK

Komunikasi sehat adalah komunikasi yang dibangun atas dasar keseimbangan pada diri seseorang yang bersifat konstruktif. Pola komunikasi sehat bukan hanya mementingkan diri sendiri, akan tetapi

CARA MEMBUAT PERATURAN KEDISIPLINAN KARYAWAN

Apa bedanya jenis pelanggaran dan jenis kejahatan? Pelanggaran adalah sifatnya internal dan administratif.  Contoh pelanggaran yang sering terjadi adalah karyawan terlambat masuk kerja, ataupun mangkir

USAHA JUICE GEROBAK

Siapa sih yang tak mengenal buah-buahan? Tentu setiap orang mengenal makanan alami ini yang mempunyai banyak rupa (belimbing, melon, strawberry, alpukat, pisang dll) dan rasa