TIGA HAL YANG SERING DILUPAKAN DALAM MENYUSUN ACTION PLAN

Ada 3 hal penting yang tidak boleh Anda lupakan dalam menyusun Action Plan tahun 2019.
ACTION PLAN adalah rencana aksi yang berisi Obyektif, KPI, Target dan Inisiatif yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam Strategic Goal dan Big Goal.
Hal penting yang harus diperhatikan dan tidak boleh dilupakan adalah analisa 3C. Adapun 3C tersebut adalah :
  1. Customer
  2. Competitor
  3. Company
Pertama:
Customers, apa dan bagaimana prilaku pelanggan dalam membeli produk Anda. Tentu prilaku pelanggan pada era digital ini jauh sangat berbeda dengan masa sebelumnya. Apalagi kini pasar dibanjiri oleh generasi millennial yang tidak dapat dipisahkan dengan internet yang serba online.
*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com
Era digital telah mendirupsi banyak hal. Beberapa perusahaan raksasa hancur karena tidak memperhatikan perkembangan teknologi digital tersebut.
Kedua:
Competitor, dari hasil audit competitor, siapa saja pesaing  Anda dan apa saja yang dilakukan.
Paling tidak Anda akan belajar dari 5 jenis kompetitor, yaitu: Kompetitor terlama, kompetitor terunik, kompetitor terbesar, kompetitor terdekat dan kompetitor terbaru.
Ketiga:
Company, Internal perusahaan Anda, apa saja keunggulan dan kekurangan perusahaan Anda dimata pelanggan, dan bagaimana dibanding pesaing Anda atas perubahan dan trend yang sedang terjadi saat ini.
Karena pentingnya 3 hal tersebut, maka perlu dipertimbangkan benar dalam penyusunan action plan.
Dan ada beberapa kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh business owner dalam membuat Action Plan. Apa saja kesalahan tersebut akan saya ulas di artikel berikutnya.
Praktek dan cara membuat Action Plan akan diajarkan dalam workshop Fundamental Sistemasi Bisnis. Adapun Jadwal Workshop SOP di www.mastersop.com/workshop
Salam Founder
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

COST STRUCTURES

Pastikan biaya yang Anda keluarkan lebih kecil daripada pendapatan Anda!, Revenue Streams tidak sempurna tanpa adanya Cost Structures. Cost Structures adalah biaya – biaya yang timbul karena

Sanksi Pelanggaran SOP Perusahaan

Sanksi Pelanggaran SOP Perusahaan – Sebagaimana diketahui, peran SOP dalam suatu perusahaan bisa dikatakan sangat penting. Prosedur yang dibuat akan menjadi acuan dari proses manajemen perusahaan untuk

MAU BELAJAR HITUNG HPP & BEP USAHA ANDA?

Sebagian besar perusahaan dihadapkan pada lingkungan bisnis yang ketat dengan persaingan. Akibatnya, banyak pemilik bisnis harus merombak berbagai cara mereka dalam menjalankan bisnisnya. Selalu waspada