TIGA TIPS MEMBUAT BUSINESS PLAN

Tahun 2019 diperidiksi akan menjadi tahun yang penuh tantangan dan kejutan bagi pelaku usaha, Nah untuk mempersiapkan itu Business Owner harus menyiapkan rencana bisnis (Business Plan) yang menjamin bisa memenangkan persaingan di tahun 2019.
Apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat Rencana bisnis (Business Plan).
  1. Tentukan BIG GOAL
  2. Susun STRATEGIC GOAL
  3. Buat ACTION PLAN
Pertama:
BIG GOAL adalah target atau mimpi yaitu hasil yang akan dicapai dalam waktu tertentu, misalnya Big Goal pada tahun 2019 adalah tercapainya FREE CASH Rp. 500 juta per bulan / Net profit 6 milyar dalam tahun 2019.
Kedua:
STRATEGIC GOAL adalah langkah-langkah strategis atau arah tindakan untuk mencapai BIG GOAL. Yang mana output atau hasil capaian (target) dari strategic goal menjadi syarat pencapaian BIG GOAL. Misalnya :
  1. Peningkatan penjualan melalui Media Online
  2. Peningkatan Kwalitas SDM
  3. Peningkatan Kepuasan Pelanggan
Ketiga:
ACTION PLAN adalah rencana aksi yang berisi Objective, Target KPI dan Inisiatif yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Strategic Goal dan Big Goal).
Sebagai contoh: Untuk meningkatkan penjualan melalui Media Online, action plan yang dilakukan yaitu Optimalisasi Website rangking 1 dalam mesin pencarian, dan Optimalisasi Media Sosial 5 kali update per hari.
Untuk meningkatkan Kwalitas SDM, action plan yang dilakukan adalah Melakukan training softskill 3 kali dalam setahun, dan Melakukan training tehnical skill 3 kali dalam setahun.
*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com
Dan untuk meningkatkan Kepuasan Pelanggan, action plan yang dilakukan adalah Melakukan survey kepuasan 3 kali setahun, Melakukan Pelatihan Service Excellence, dan melakukan supervisi pelayan customer.
Buatlah Action Plan dalam bentuk tabel yang berisi Objective, KPI, Target dan Inisiatif. Dalam workshop SOP diajarkan dengan gamblang dan jelas cara membuat dan mengisi action plan dengan mudah.
Dan penting diketahui, ada hal – hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Action Plan tapi jarang diketahui oleh banyak orang.., jika Anda tahu, Anda akan terkejut….
Maka ikuti tulisan saya selanjutnya…
Salam Founder
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

CUSTOMER RELATIONSHIPS

Cerita ini kerap terjadi. Alkisah, seorang teman buka usaha warung nasi padang. Bulan pertama sampai bulan ketiga usaha ramai pengunjung, jualan laris dan omset bagus.

BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

Business Model Canvas (BMC) adalah tools bisnis yang menjelaskan bisnis model atau menjelaskan bagaimana bisnis tersebut menghasilkan uang. Alexander Osterwalder adalah penemu BMC yang diterjemahkan

PENGERTIAN VALUE PROPOSITIONS

PENGERTIAN VALUE PROPOSITIONS adalah value yang diberikan kepada customer jika membeli produk. Value Propositions adalah obat (gains) penyembuh dari rasa sakit (pains) yang dialami oleh

USAHA PEMPEK GEROBAK

Usaha pempek gerobak banyak dilirik oleh para pelaku bisnis karena makanan khas Palembang ini selain unik dan lezat juga pas di lidah masyarakat Indonesia. Sekarang