VALUE ALIGNMENT

Value atau culture adalah prinsip utama dalam bekerja. Value adalah perilaku yang diakui, mentalitas yang disepakati dan kebiasaan yang dibanggakan di dalam perusahaan Anda.
Dalam workshop, saya sering mengatakan bahwa system atau SOP yang tidak memiliki value seperti kehilangan jiwa, jika diterapkan akan terasa hampa sehingga tidak mampu menumbuhkan sense of business, sense of crisis, maupun sense of belonging dari para stakeholder perusahaan.
Value juga disebut juga Corporate Value Alignment (CVA), value adalah kepanjangan dari Visi dan Misi perusahaan. Karena itu organisasi bisnis harus benar-benar memperhatikan value corporate yang dianutnya dengan cara menciptakan ‘Value Alighment’.
Value Alignment adalah penyelarasan nilai, yang berfungsi untuk menjaga nilai, visi dan misi perusahaan teraktualisasikan dalam setiap tindakan karyawan dalam mengelola perusahaan.
Karena karyawan atau team memerlukan persamaan frekwensi, hati dan pikiran serta tindakan team untuk seiring dan sejalan dalam bekerja secara konsisten untuk mencapai tujuan yang ditetapkan oleh organisasi bisnis.
*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com
Value alignment yang diterapkan oleh organisasi akan menimbulkan 2 efek yang berlawanan, yang pertama adalah Anda akan menemukan orang yang benar-benar loyal sehingga team Anda semakin solid. Atau efek yang kedua yaitu akan mengeliminasi secara tidak sadar terhadap orang-orang yang tidak baik atau orang-orang yang tidak sejalan dengan value di perusahaan Anda.
Dan untuk memastikan value alignment agar berjalan dengan baik, Anda memerlukan Rules of The Game.  Aturan main atau rule of the game diaplikasikan dalam peraturan perusahaan, pedoman kedisiplinan karyawan, kontrak kerja, reward & punishment dan lain sebagainya.
Organisasi bisnis yang kuat tidak bisa dibangun tanpa sistem dan aturan main yang tegas. Tanpa sistem, eksekusi dijalankan dengan perasaan dan emosi. Hal ini akan menciptakan keraguan, menghasilkan keputusan ‘ngambang’ dan perlakuan subyektif sehingga akan meninggalkan masalah berkepanjangan.
Semoga tulisan ini bermanfaat, dan saya undang Anda untuk mengikuti terus tulisan-tulisan saya dan video2 saya tentang sistemasi bisnis di link www.mastersop.com
Salam Founder
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

REVENUE STREAMS

Sederhananya, Revenue Stream adalah sumber pendapatan yang bisa dihasilkan oleh pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya. Dan dalam satu bisnis memungkinkan mempunyai sumber pendapatan lebih dari

BESAR DAN KUAT

Bisnis tidak hanya dibesarkan, tetapi juga harus dikuatkan! Bisnis dikuatkan dengan System untuk menjamin tata kelola operasional perusahaan berjalan sesuai dengan yang ditetapkan perusahaan. Sistem adalah

USAHA BAKSO GEROBAK

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bakso sendiri memang merupakan produk kuliner populer yang sudah sangat dikenal oleh hampir setiap individual khususnya di tanah air

USAHA GEROBAK MAKANAN

Menekuni berbagai peluang bisnis di bidang makanan memang menjanjikan untung besar bagi para pelakunya. Terbukti tidak hanya pengusaha bermodal besar saja yang mulai berlomba menekuni