BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

Business Model Canvas (BMC) adalah tools bisnis yang menjelaskan bisnis model atau menjelaskan bagaimana bisnis tersebut menghasilkan uang. Alexander Osterwalder adalah penemu BMC yang diterjemahkan dalam 9 blok atau elemen yaitu :
Sebagai rencana bisnis, BMC mengantisipasi agar pebisnis tidak terjebak kepada 9 penghambat kemajuan bisnis, yaitu:
  1. Ketidakjelasan Target pasar
  2. Produk tidak dibutuhkan pelanggan
  3. Produk tidak dikenali pasar
  4. Kurang perhatian kepada pelanggan
  5. Sumber pendapatan terbatas
  6. Kegiatan inti kurang mendapat perhatian
  7. Sumber daya tidak siap
  8. Memilih mitra yang salah
  9. Cost tinggi dan tidak efisien.
Biasanya BMC disajikan dalam bentuk poster besar dan visual, karena itu mudah untuk berbagi melalui media foto atau mengambil poster dari dinding untuk  bertemu dengan pihak lain yang berkepentingan. Bentuk visual dari BMC ini memudahkan business owner untuk melibatkan team dan membaginya dengan partner.
BMC bisa dipakai untuk semua jenis model bisnis, disamping  mempercepat mengetahui keseluruhan kekuatan dan kekurangan bisnis, BMC juga dapat melakukan proses analisa kebutuhan biaya dan profit secara cepat. BMC dapat digunakan memetakan bisnis secara sistematis, mengetahui kelemahan dan kekuatan semenjak dini dari sudut pandang yang benar. Sehingga BMC dapat digunakan untuk pengambilan keputusan pengembangan manajemen strategi bisnis.
Customer Relationships dalam BMC memandu Anda dalam membangun relasi dengan Konsumen, relasi dengan konsumen penting agar konsumen kita tidak lari ke pesaing.

Tiga blok dalam BMC membantu Anda untuk meningkatkan penjualan sesuai target yang ditetapkan.  Yaitu Customer Segments, Channels, Customer Relationships memiliki tujuan untuk meningkatkan Penjualan.

Value Propositions dan Key Partners membuat Anda menang menghadapi persaingan. Dalam membangun bisnis yang kuat dan kokoh Anda harus menciptakan valuasi produk yang terunggul dan partner yang tepat untuk membantu bisnis Anda. Untuk memastikan bisnis Anda berjalan, dalam business model canvas ini Anda memasukkan siapa-siapa saja yang nantinya akan mendukung bisnis berjalan baik. Key Resourses memetakan siapa dan apa saja yang dibutuhkan agar bisnis Anda tetap berjalan
Membuat BMC adalah cara yang efektif untuk membuat sistem bisnis. Key Activities dan Key Resourses secara khusus membantu Anda mendesain sistem business, job descriptions dan SOP perusahaan. Tujuan sistem bisnis agar bisnis semakin efektif dan berkembang dan menghasilkan maksimal meskipun kita tidak rutin berada di bisnis kita.
Puncaknya adalah Revenue Streams sebagai elemen penghasil uang, sumber – sumber pendapatan dari bisnis Anda. Sedangkan Cost Structures adalah biaya-biaya yang dikeluarkan agar bisnis berjalan, selisih Revenue Streams dengan Cost Structures menghasilkan profit atau keuntungan atas bisnis yang Anda jalankan.
*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di  www.mastersop.com
Salam Founder
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055
#master-sop
#sistem-bisnis
#contoh-sop
#sop-perusahaan
#menolak-kalah
#berdayadi-Negeri-Sendiri
#buku-bisnis
#grounded
#konsultan-sop
#konsultan-bisnis

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

IDENTIFIKASIKAN PROSES BISNIS ANDA!

Kesalahan fatal yang sering terjadi dalam usaha adalah kesalahan dalam mengidentifikasi proses bisnis (Business Process). Contoh pada proses produksi box (kotak) berbahan kertas karton memerlukan

SISTEM (SOP) BAGI PELAKU USAHA

Dari sekian banyak pertanyaan tentang Standard Operating Procedure (SOP), dapat disimpulkan bahwa ternyata hanya sedikit yang sudah mengetahui apa itu SOP. Bahkan banyak pelaku usaha

BISNIS ATAU ANDA YANG BEKERJA?

Bradley J. Sugars mengatakan bahwa sistem adalah area bisnis yang paling sering disalah pahami sekarang ini. Itulah kata pendahuluan yang ditulis dalam bukunya Instant System.

USAHA MIE PANGSIT GEROBAK

Mie pangsit merupakan jenis mie yang menyuguhkan rasa nikmat dan menggoda. Mie pangsit hampir mirip dengan mie ayam namun tidak berkuah. Mie pangsit memiliki banyak