CUSTOMER RELATIONSHIPS

Cerita ini kerap terjadi. Alkisah, seorang teman buka usaha warung nasi padang.

Bulan pertama sampai bulan ketiga usaha ramai pengunjung, jualan laris dan omset bagus. Bulan keempat pengunjung dan omset menurun, bulan kelima mulai sepi, dan bulan keenam benar-benar sepi. Usaha bertahan sampai tahun pertama saja akhirnya gulung tukar karena rugi dan tidak balik modal.
Kenapa demikian?
Bulan pertama warung dibuka, orang pada penasaran. Orang yang kebetulan lewat jalan depan warungpun singgah dan makan.
Family, kerabat, kenalan, dan jamaah pengajian juga teman arisan bersimpati. Mereka datang ke warung untuk membeli dan mengucapkan selamat.
Sampai bulan ketiga mereka berdatangan menjajal dan merasakan. Bulan keempat dan seterusnya logika pasar yang menentukan. Yaitu Rasa, harga, tempat, promosi, dan karyawan ditambah faktor fasilitas tempat yaitu bangunan. Dan yang tidak boleh diabaikan adalah kualitas layanan. Faktor – faktor inilah yang kemudian menentukan keberlangsungan bisnis Anda. Hehmm….

Bagaimana Anda Berinteraksi Dengan Pelanggan?

Inilah tugas Customer Relationships, bagaimana supaya calon pelanggan yang kita target “Customer Segmen” tidak hanya sekedar membeli tetapi membeli berulang menjadi pelanggan tetap.
Jika bisnis atau produk tidak mempunyai daya tarik dan keunggulan, maka siap-siap akan ditinggalkan oleh pelanggan. Temukan Pocket of Excellence pada produk Anda! Baca artikel tentang Pocket of Excellence.
Setiap bisnis pasti sudah pesaingnya, ada 5 jenis pesaing atau kompetitor yang perlu Anda perhitungkan yaitu kompetitor terlama, kompetitor terunik, kompetitor terbesar, kompetitor terdekat dan kompetitor terbaru.
Baiklah saya berikan contoh mengisi Customer Relationships. Untuk membangun hubungan dengan pelanggan, Master SOP menyediakan produknya “Serial Buku Contoh SOP Perusahaan” melayani pelanggannya sbb:
  1. SOP selalu Up to date (terbaru)
  2. Ada panduan dan bimbingan
  3. Garansi Update 1 tahun
  4. Free Konsultasi
  5. Free member belajar SOP
Demikian semoga bermanfaat dalam membangun bisnis Anda.
*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com
Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055
#master-sop
#sistem-bisnis
#contoh-sop
#sop-perusahaan
#menolak-kalah
#berdayadi-Negeri-Sendiri
#buku-bisnis
#grounded
#konsultan-sop
#konsultan-bisnis

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

PERBEDAAN CEO, OWNER, FOUNDER DAN CO-FOUNDER

Ada yang masih bingung dengan perbedaan CEO, Owner, Founder dan Co-Founder dalam dunia bisnis. Karena itu berikut bisa saya jelaskan sedikit pengertian masing-masing istilah tersebut.

HITUNG HARGA POKOK PRODUK ANDA

September 2001 saya pernah ditugaskan melakukan Audit Internal terhadap Laporan Keuangan khususnya Biaya Produksi sebuah Garmen cukup besar di daerah Kerobokan, Kuta Utara, Bali. Beberapa produk

USAHA PEMPEK GEROBAK

Usaha pempek gerobak banyak dilirik oleh para pelaku bisnis karena makanan khas Palembang ini selain unik dan lezat juga pas di lidah masyarakat Indonesia. Sekarang