KEY ACTIVITIES

Key Activities menjelaskan proses bisnis (business process) dalam operasional usaha Anda. Kegiatan apa saja yang akan dikerjakan untuk mengelola Key Resourses (input) dan mengkorversinya menjadi hasil (output) yang diinginkan oleh perusahaan.
Dalam mewujudkan tujuan yang ingin dicapai, perusahaan membutuhkan beberapa aktivitas untuk menjalankan bisnisnya, antara lain:
  1. Pemasaran, yaitu aktivitas perusahaan untuk mengenalkan produk (value proposition) kepada pasar (Customer Segments). Maka perusahaan membutuhkan marketing untuk melakukannya.
  2. Produksi, yaitu aktivitas perusahaan untuk menciptakan dan menghasilkan produk (value proposition) yang dibutuhkan oleh pelanggan (Customer Segments). Maka perusahaan membutuhkan bagian produksi untuk menjamin kualitas dan stok barang.
  3. Penjualan, yaitu aktivitas menjual dan melayani sehingga pelanggan mendapatkan produk yang dibutuhkan. Maka perusahaan membutuhkan sales yang bertugas untuk melayani pelanggan sampai puas.
  4. Distribusi, yaitu aktivitas perusahaan yang bertugas mendistribusikan produk kepada customer melalui Channel Distributions yang telah ditentukan. Maka perusahaan membutuhkan bagian distribusi yang bertanggung jawab men-‘deliver’ produk ke customer.
  5. Keuangan, yaitu aktivitas perusahaan mengelola keuangan perusahaan baik yang berupa pemasukan maupun pengeluaran. Maka perusahaan membutuhkan bagian financial & accounting.
Dan yang menjalankan key activities adalah adalah team atau sumber daya manusia (SDM) yang ada pada perusahaan Anda. Karena itulah blok ini nantinya berkaitan erat dengan Job Description yang menjelaskan tugas, tanggung jawab dan wewenang serta Standard Operating Procedure (SOP) yaitu yang menjelaskan cara melaksanakan tugas dan tanggung jawab tersebut.

Sebagai contoh, Aktivitas team Master SOP adalah sebagai berikut:

  1. Menulis serial buku contoh SOP Perusahaan, target sampai 100 seri. (lihat www.mastersop.com)
  2. Memasarkan buku serial buku contoh SOP Perusahaan.
  3. Menjual dan distribusi pesanan Contoh SOP.
  4. Workshop dan pelatihan SOP Perusahaan.
  5. Menulis artikel – artikel tentang System dan SOP.
  6. Membuat Video belajar SOP.
  7. Membuat status dan update website dan media sosial. (Website, FB, IG, Youtube).
  8. Melayani dan memberikan informasi kepada pelanggan.
Daftar aktivitas ini akan membantu Anda untuk merumuskan strategi dan SDM apa saja yang Anda perlukan untuk merealisasikan tujuan yang Anda inginkan.
Demikian tulisan pendek ini, dan ketahuilah tulisan ini adalah bagian dari aktivitas yang harus dilakukan oleh Master SOP.

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com

Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055
#master-sop
#sistem-bisnis
#contoh-sop
#sop-perusahaan
#menolak-kalah
#berdayadi-Negeri-Sendiri
#buku-bisnis
#grounded
#konsultan-sop
#konsultan-bisnis

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

MITOS TENTANG SISTEM

Ada yang bilang bisnis itu… –          Susah… rumit… –          SOP hanya untuk perusahaan besar… –          Hanya diperlukan kalau karyawan sudah banyak… –          Sudah dibuat tapi

10 TIPS BANYAK FOLLOWER TWITTER

Anda tahu bahwa Twitter adalah merupakan media marketing yang sangat hebat? Tetapi kunci suksesnya adalah tergantung seberapa banyak follower yang tetap mengikiti anda. Semakin banyak

PELUANG USAHA JAJANAN GEROBAK

Terbukti tidak hanya pengusaha bermodal besar saja yang mulai berlomba menekuni bisnis makanan, namun para pengusaha bermodal minim pun juga memiliki minat yang kuat untuk

GEROBAK UNTUK USAHA AYAM BAKAR

Usaha kuliner memang tidak pernah ada matinya. Dari ide-ide sederhana dan pasaran saja, Anda tetap berpeluang besar memperoleh untung besar.  Salah satunya adalah usaha kuliner