CARA MENYUSUN REWARD AND PUNISHMENT

Penghargaan (Reward) dan Hukuman (Punishment). Penghargaan adalah sebuah bentuk apresiasi kepada suatu prestasi tertentu yang diberikan, baik oleh dan dari perorangan ataupun suatu lembaga yang biasanya diberikan dalam bentuk material atau ucapan.

Kita harus memiliki sistem Reward and Punishment dalam perusahaan kita.
Mengapa?
Karena untuk menyeleksi karyawan mana yang harus diapresiasi dan karyawan mana yang harus didisiplinkan serta untuk memunculkan karyawan yang baik dan kurang baik.

Reward diberikan untuk mengapresiasikan kerja karyawan. Reward adalah konsekuensi karyawan yang telah bekerja dengan baik. Reward bisa berupa bingkisan, uang, kenaikan jabatan, dan sebagainya yang berupa materi. Atau minimal berupa pengumuman karyawan terbaik yang dipajang di kantor perusahaan. Tujuannya agar kerja karyawan yang baik merasa dihargai. Tidak hanya diberikan pujian, karena pujian itu berbeda dengan reward. Kita bisa memberikan pujian kapanpun tanpa berupa materi.

Penerapan Reward and Punishment jika tidak diatur dalam sebuah sistem, realisasinya dapat membuat iri hati dan dengki antar karyawan yang justru menurunkan semangat bekerja.

Sebaliknya, perusahaan juga memerlukan sebuah sistem hukuman (punishment). Sebab sudah menjadi sifaat alami manusia untuk lalai atau bertindak semaunya.

Berikut adalah contoh form Reward and Punishment.


Dapatkan serial contoh sop perusahaan di link www.mastersop.com/katalogsop
Salam Founder
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

BISNIS ATAU ANDA YANG BEKERJA?

Bradley J. Sugars mengatakan bahwa sistem adalah area bisnis yang paling sering disalah pahami sekarang ini. Itulah kata pendahuluan yang ditulis dalam bukunya Instant System.

USAHA MAKANAN DENGAN GEROBAK

BISNIS MAKANAN – Ini merupakan kebutuhan pokok paling utama manusia. Semua orang membutuhkan makan agar memiliki energi untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Bisnis makanan bisa dibilang

USAHA BERSISTEM VS USAHA BIASA

Apa bedanya usaha bersistem vs tak bersistem (usaha biasa)?Perbedaannya dapat dibandingkan pada 6 hal, antara lain:1. Produk2. Harga3. Display4. Tempat5. Pelayanan6. Penampilan Mari kita bahas

PERBEDAAN CEO, OWNER, FOUNDER DAN CO-FOUNDER

Ada yang masih bingung dengan perbedaan CEO, Owner, Founder dan Co-Founder dalam dunia bisnis. Karena itu berikut bisa saya jelaskan sedikit pengertian masing-masing istilah tersebut.