KENAPA PENGUSAHA BUTUH SOP

Ada beberapa alasan kenapa pengusaha belum mempunyai SOP (Standard Operating Procedure), karena usaha mereka masih kecil, karyawan masih sedikit dan perusahaan belum berkembang. Mereka beranggapan bahwa SOP baru dibuat saat usaha sudah maju dan berkembang.
SOP penting dibuat pada setiap level usaha, baik usaha kecil, menengah maupun usaha besar. Baik usaha yang baru berdiri maupun lama berdiri. Baik yang belum berkembang maupun yang sudah berkembang. SOP memuat visi dan misi, pengembangan dan Target yang ingin dicapai. Bahwa perusahaan besar tidak mungkin ada jika tidak dimulai dari yang kecil, karena itu seharusnya SOP dibuat mulai dari kecil.
Dengan membuat SOP, maka Anda akan memahami alur proses bisnis Anda. Dan dengan SOP juga untuk memastikan semua aktivitas karyawan bergerak ke arah dan tujuan yang sama yaitu target yang ditetapkan oleh Anda. SOP adalah sebuah alat (tools) yang sangat bermanfaat untuk menjalankan bisnis yang berisi langkah-langkah yang menjelaskan proses bisnis atau usaha Anda. Aturan-aturan dalam SOP meminimalkan kesalahan dan menjaga agar usah berjalan sesuai yang diinginkan.
Ada 5 langkah praktis dalam menyusun SOP untuk usaha Anda, sebagai berikut:
  1. Membuat Susunan Kerja ( Checklist )
  2. Merencanakan Alur Proses
  3. Lakukan Wawancara Dengan Karyawan
  4. Menuliskan Dan Membahasnya
  5. Menjalankannya
Bagaimana langkah teknis untuk menyusun SOP tersebut?  Master SOP akan membantu Anda dalam workshop penyusunan SOP yang akan diselenggarakan.
Perlu diingat bahwa banyak SOP yang beredar di Internet, boleh saja Anda copy paste. Akan tetapi perlu dipahami bahwa SOP dibuat secara spesifik dan tidak bisa di copy paste dan di aplikasikan pada perusahaan Anda walaupun jenis usaha yang sama. Kecuali jika Anda menggunakan SOP tersebut sekedar sebagai contoh untuk mempermudah pembuatan SOP perusahaan Anda sendiri.

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com

Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055
#master-sop
#sistem-bisnis
#contoh-sop
#sop-perusahaan
#menolak-kalah
#berdayadi-Negeri-Sendiri
#buku-bisnis
#grounded
#konsultan-sop
#konsultan-bisnis

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

CARA MENYUSUN REWARD AND PUNISHMENT

Penghargaan (Reward) dan Hukuman (Punishment). Penghargaan adalah sebuah bentuk apresiasi kepada suatu prestasi tertentu yang diberikan, baik oleh dan dari perorangan ataupun suatu lembaga yang

MELEK OMSET, TIDAK PAHAM ASET

Happy Trenggono mengatakan bahwa 70% pengusaha di Indonesia itu Financially Incompetence atau dengan kata lain tidak memiliki kompetensi atau pengetahuan tentang ilmu finansial. Buta finansial

MODAL USAHA BAKSO GEROBAK

Bisnis rumah makan bakso memiliki potensial bisnis yang sangat menggiurkan. Tua, muda, kecil, perempuan, laki – laki, menggemari makanan bakso. Walaupun sudah banyak persaingannya, namun