OBSERVASI SEBELUM MENYUSUN SOP

Saya berkesempatan mengunjungi perusahaan pengeringan biji kopi yang hasilnya diekspor dari Medan. Tepatnya di pulau Samosir yang indah ini. Disini, saya membantu perusahaan ini untuk membuat sistem bisnis serta SOP nya. Selama 3 hari masa observasi, saya menemukan beberapa hal yang perlu diperbaiki.
Saya menemukan ada 4 titik pengeringan kopi yang jaraknya berjauhan, tidak menyatu dengan gudang penyimpanan. Hal ini kurang efisien karena lokasi yang berjauhan, maka diperlukan tenaga ekstra, waktu dan kendaraan angkut untuk memobilisasi dari tempat pengeringan ke gudang penyimpanan. Tentu ini akan menambah cost sehingga produktivitas tidak dapat dipenuhi, dan berpotensi mengalami kerugian karena cost harga pokok produksi yang tinggi.
Yang kedua, terlihat biji kopi berceceran selama mobilisasi dari tempat pengeringan ke gudang penyimpanan. Hal ini pun akan mempengaruhi efisiensi, tidak produktif dan cost naik. Selain berceceran selama mobilisasi, ternyata banyak juga biji kopi yang berceceran di dekat gudang. Seperti di tanah, rumput, selokan, yang tidak diambil kembali sehingga biji kopi yang seharusnya bisa terselamatkan, akhirnya busuk terbuang sia-sia.
Hal ini tentu menjadi faktor kerugian bagi perusahaan. Untuk itu, saya membantu menemukan masalah disini yang akhirnya teridentifikasi ada 17 buah masalah! Kemudian saya bersama owner berdiskusi untuk mencari jalan keluar atau solusi untuk masalah yang ada. Goalnya kita buatkan sistemnya, kemudian SOP dan juga perangkat kontrolnya sehingga kinerja dapat terukur dengan baik.
Jika seandainya sistem bisnis dan SOP dibuat sejak awal perusahaan didirikan, maka potensi-potensi kerugian seharusnya bisa diatasi lebih dini.
Dengan saya Master SOP, mari kita kampanyekan gerakan sadar SOP sehingga kita dapat saling menguatkan dan berdaya di negeri sendiri.

Dapatkan serial contoh sop perusahaan di link www.mastersop.com/katalogsop

Salam Founder
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

OBSERVASI SEBELUM MENYUSUN SOP

Saya berkesempatan mengunjungi perusahaan pengeringan biji kopi yang hasilnya diekspor dari Medan. Tepatnya di pulau Samosir yang indah ini. Disini, saya membantu perusahaan ini untuk

BENARKAH SOP MENGHAMBAT KEMAJUAN USAHA?

Besarkan bisnismu agar bisa membesarkan bisnis orang lain. Ada yang mengatakan bahwa Sistem atau SOP – Standard Operating Procedure itu menghambat kemajuan usaha. Jawabannya adalah

TOTALITAS MEMBANGUN BISNIS

Untuk mencapai kesuksesan dalam setiap bisnis yang dijalani, perlu upaya habis-habisan (all out) sehingga hasil yang dicapai sesuai yang diinginkan. Sukses adalah milik orang yang