3 ALASAN INI YANG MEMBUAT VALUE PROPOSITION BURUK

Bad Value Proposition, Feeling dan asumsi yang buruk serta pemahaman yang dangkal terhadap pelanggan seringkali menjadi dasar dalam menciptakan proposisi nilai (Value Proposition) pada produk kita, sehingga yang didapat adalah “Bad Value Proposition”.

Padahal untuk menciptakan ‘Proposisi Nilai’ yang baik sehingga products dan services benar-benar dibutuhkan oleh Customer, tidak lain dan tidak bukan adalah pemahaman yang dalam, dekat dan nyata terhadap profile calon pelanggan kita.

Nah pada pertemuan ke 7 (22/10/2019) di KMB Avengers ini (hadir hanya separuh hehmm), kita kupas habis bagaimana membuat Value Proposition yang tepat. Materi ini adalah kelanjutan sekaligus pendalaman dari pertemuan sebelumnya tentang “menemukan value produk”.

Tiga point penting yang wajib dikupas pada customer profile adalah : Jobds, Pains dan Gains (Tugas, Kesulitan dan Keuntungan). Baik dalam perspektif fungsional, sosial maupun emosional.
Kita harus tahu, tugas pelanggan baik secara fungsional, sosial maupun emosial. Jika sudah, tugas berikutnya adalah mengidentifikasi dan menganalisa Kesulitan dan Keuntungan Pelanggan.

Ada 3 katagori ‘Kesulitan pelanggan’ terdiri dari kesulitan yang berupa : Hasil yang tidak diharapkan, hambatan, dan risiko yang tidak diinginkan. Sedangkan Keuntungan pelanggan dibagi menjadi: Keuntungan yang diwajibkan, keuntungan yang diharapkan dan keuntungan yang mengejutkan.

Jika sudah diketemukan, langkah berikutnya adalah membuat ‘Kesulitan’ dan ‘Keuntungan’ pelanggan itu menjadi se-riil dan senyata mungkin dengan cara, metoda, tips dan tools yang diberikan di materi.

Kerennya lagi, di sesi ini diberikan contoh “Daftar Pertanyaan Pancingan” untuk membantu kita agar dapat memperoleh ‘Potensi Kesulitan Pelanggan’ sebanyak mungkin dan senyata mungkin.

Karena dengan memahami yang lebih baik dan benar, tentang profile pelanggan maka kita bisa menciptakan value yang ‘Pains Relieves’ dan ‘Gains Creator’ sehingga Products & Services yang kita peruntukkan untuk pelanggan kita benar-benar membuat bahagia mereka.

*refrensi buku : Value Proposition Design.

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

Semoga bermanfaat..
Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

MENGUKUR KEPUASAN KARYAWAN

Kepuasan karyawan dapat diperoleh dengan cara melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan, pengakuan, akses untuk memperoleh informasi, dorongan untuk melakukan kreativitas dan inisiatif serta dukungan dari

USAHA BAKSO GEROBAK

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bakso sendiri memang merupakan produk kuliner populer yang sudah sangat dikenal oleh hampir setiap individual khususnya di tanah air

USAHA GEROBAK FRANCHISE

Berbicara mengenai perkembangan peluang bisnis franchise makanan di Indonesia, investasi di bidang kuliner memang masih menjadi primadona bagi para investor yang tertarik dengan sistem kemitraan.

THE FLOWER OF SERVICE

Penting bagi Anda untuk memahami kelebihan dan kekurangan bisnis yang Anda kelola, jika ingin bisnis yang Anda kelola bertahan dalam jangka panjang. Bisnis apa pun