MENGAPA HARUS MEMBANGUN SOCIAL NETWORKING?

Membangun sebuah karier bukan hanya tentang bekerja terus menerus. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengembangkan karier yang Anda impikan. Anda perlu melatih diri agar dapat berkembang dan terus memperluas lingkaran profesional Anda. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan social networking.  Di dalam dunia kerja, meskipun Anda memiliki kemampuan yang baik, Anda bisa saja memiliki sedikit kesempatan dari rekan lain yang kemampuannya sedikit lebih rendah dari pada Anda, tetapi Anda memiliki social networking yang luas.
Anda tidak bisa meremehkan sebuah social networking, sebab seiring dengan meningkatkan kemampuan diri, membangun sosial networking pada dasarnya sama seperti membangun hubungan pada umumnya. Dimana Anda berhubungan dengan orang-orang yang Anda sukai atau kagumi. Ada beberapa hal seputar social networking yang dapat Anda pahami.
1. Perkuat Personal Branding Anda
Anda terlebih dahulu harus tahu seperti apa diri Anda yang akan berkenalan dengan banyak orang. Anda perlu menguatkan personal branding Anda, sebab hal tersebut merupakan hal yang penting dalam dunia profesional.
Persiapkan hal-hal teknis ketika menghadiri acara yang memungkinkan Anda dapat memperluas social networking untuk karier Anda, misalnya menyiapkan kartu nama sehingga dapat saling menghubungi. Saat Anda sudah memiliki persiapan untuk memperluas social networking, itu bertanda bahwa Anda telah siap untuk mengembangkan karier.
2. Bangun Social Networking Di Manapun
Saat Anda menghadiri sebuah acara, tanamkan pikiran bahwa Anda memiliki tujuan untuk memperluas social networking. Anda harus memiliki mindset tersendiri tentang dimana Anda bisa membangun sebuah social networking.
Tidak hanya dalam sebuah acara formal, bisa juga acara-acara santai lainnya misalnya pesta dan acara kumpul reuni biasa pun Anda dapat membicarakan karier dan juga pekerjaan. Memasuki obrolan tentang pekerjaan tentu saja itu artinya Anda sudah memperluas social networking yang dapat membantu mengembangkan karier.
Semakin banyak orang yang Anda temui, maka semakin banyak kesempatanmu untuk memperluas social networking.  Ikutlah berbagai kegiatan dan jangan ragu untuk mengenal setiap orang yang ditemui.  Anda dapat mulai dengan hal sederhana seperti berkenalan dengan orang yang sering Anda temui saat olahraga, atau mengajak ngobrol seseorang yang Anda temui di kereta. Anda bisa meminta media sosial mereka sehingga dapat saling terhubung kapanpun.
3. Semua Mudah dengan Media Sosial
Jangan ragu untuk menggunakan kemajuan teknologi satu ini untuk membantu Anda memperluas social networking.  Berhubungan melalui media sosial akan membuat orang-orang tetap mengingat Anda dengan mudah. Jadi jika mereka memiliki sebuah kesempatan, mereka akan ingat untuk menawarkan kepada Anda terlebih dulu dibanding orang lain. Namun ingat bahwa Anda adalah orang yang menggunakan media sosial dengan bijak, sehingga jangan sampai media sosial justru menjadi bahan penilaian negatif tentang Anda.
Selain itu, Anda dapat membangun pertemanan dengan hal kecil seperti dengan makan siang bersama rekan kerja dan juga mengucapkan selamat ulang tahun untuk rekan yang berulang tahun di media sosialnya. Anda mungkin saja memang tidak akan selamanya bekerja di sana, namun Anda akan merasakan manfaatnya dari membangun pertemanan tersebut suatu saat nanti.
Selain berpikir untuk berhubungan dengan banyak orang demi karier, memiliki mentor juga bisa menjadi salah satu pilihan. Seorang  mentor dapat membantu Anda tentang berbagai hal mengenai karier seperti membantu mengevaluasi sebuah tawaran pekerjaan, mengajarkan cara negosiasi gaji, atau memberi tahu waktu yang tepat untuk mencari pekerjaan baru.

Dapatkan serial contoh sop perusahaan di link www.mastersop.com/katalog
Semoga bermanfaat..
Salam Founder
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

CONTOH USAHA MAKANAN MODEL GEROBAK

Jika ditanya apakah bisnis yang tidak akan pernah hilang, jelas jawabnya adalah bisnis makanan atau kuliner. Dalam kondisi ekonomi ataupun perkembangan zaman seperti apapun, untuk

HATI HATI DENGAN JEBAKAN SCALE UP

Maksud hati ingin Scale Up, banyak pebisnis yang terjebak saat masih tahap start up, dagangannya laris manis dan ramai. Kemudian membuka banyak cabang atau kemitraan

MITOS TENTANG SISTEM

Ada yang bilang bisnis itu… –          Susah… rumit… –          SOP hanya untuk perusahaan besar… –          Hanya diperlukan kalau karyawan sudah banyak… –          Sudah dibuat tapi