Contoh KPI Perusahaan & Petunjuk Pengisian Kolom Tabel

Dalam management perusahaan, Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah KPI (Key Performance Indicator). Di mana KPI banyak dipilih pengelola perusahaan sebagai tolak ukur penilaian kinerja karyawan.

Key Performance Indicator merupakan kunci atau indikator dalam melihat kemajuan perusahaan. Dengan KPI, target yang menjadi tujuan jadi lebih mudah terukur karena di dalamnya terdapat angka yang telah dikalkulasi dengan data realisasi dan perhitungan yang sudah ditetapkan.

Selain itu, indikator ini juga dapat dijadikan sebagai media belajar para karyawan dalam memahami tanggung jawab pada setiap divisi. Serta yang paling penting adalah mendapatkan informasi penting secara keseluruhan dan melihat seberapa baik kinerja masing-masing divisi.

Nah, karena organisasi terdiri dari banyak divisi, tidak sedikit yang menganggap cara membuat KPI rumit. Untuk mempermudah Anda merancang KPI, berikut kami berikan contoh KPI perusahaan serta cara mengisi kolom tabelnya.

Petunjuk Pengisian Kolom KPI

KPI biasanya dibuat dalam format tabel Excel yang berisi 6 informasi penting, yakni:

1.      Kolom Key Performance Indicator

Ini merupakan kolom utama yang paling penting dalam KPI. Kolom ini berisi berbagai indikator yang berupa serangkaian deskripsi pekerjaan demi mencapai target perusahaan.

2.      Kolom Bobot KPI

Di samping kolom “Key Performance Indicator”, terdapat kolom untuk menaruh nilai Bobot masing-masing indikator. Jumlah bobot untuk keseluruhan indikator adalah 100. Penentuan nilai tiap-tiap indikator berdasarkan tingkat prioritas bagi perusahaan. Makin besar artinya makin penting dan harus didahulukan untuk dicapai.

3.      Kolom Target

Bagian ini diisi dengan nilai maksimal kinerja yang akan dicapai masing-masing divisi. Nilai kolom “Target” dalam contoh KPI perusahaan biasanya berupa persentase, nominal uang, angka, waktu, dan lain sebagainya menyesuaikan dengan jenis indikator dalam kolom “Key Performance Indicator”. Nilai dalam kolom “Target” disepakati berdasarkan data pencapaian tahun sebelumnya.

4.      Kolom Realisasi Akhir Tahun

Pada bagian ini berisi keterangan hasil yang dicapai selama 1 tahun yang ditulis berupa persentase, nominal uang, angka, dan lain sebagainya sesuai dengan jenis KPI.

5.      Kolom Skor

Skor merupakan hasil nilai kolom “Realisasi” dibagi “Target”, lalu dikali 100. Atau, “Target” dibagi “Realisasi”, kemudian dikali 100. Ini tergantung dari jenis indikatornya. Tinggal disesuaikan saja dengan nilai “Skor Akhir Tahun” seharusnya berdasarkan nilai dalam “Bobot KPI”.

6.      Kolom Skor Akhir

Kolom ini berisi angka dari hasil pengalian nilai kolom “Skor” dengan “Bobot KPI”, kemudian dibagi 100.

Angka dalam kolom “Skor” dan “Final” yang ditampilkan dalam tabel KPI dibulatkan agar informasi hasil kinerja lebih mudah diingat.

Contoh KPI Perusahaan

Dalam organisasi perusahaan terdiri dari banyak divisi. Informasi yang diberikan berikut khusus untuk KPI bidang HRD.

No. KPI

(Key Performance Indicator)

Bobot KPI Target Realisasi di akhir tahun Skor Skor akhir tahun
1 Rata-rata waktu untuk merekrut karyawan 15 60 hari 70 hari 86 13
2 Rata-rata skor kinerja karyawan baru dalam waktu 6 bulan 15 80 82 103 15
3 Pelatihan per karyawan dalam setahun 10 40 jam 37 jam 93 9
4 Prosentase perbedaan produktivitas dari hasil pelatihan 10 50% 67% 137 13
5 Prosentase karyawan yang melaksanakan rencana pengembangan individu sepenuhnya 10 90% 80% 89 9
6 Prosentase karyawan berpartisipasi dalam program pembinaan karir 15 90% 74% 82 12
7 Prosentase karyawan resign dalam jangka waktu tertentu 15 2% 2,3% 87 13
8 Laba per karyawan 10 Rp50 juta Rp47,2 juta 94 9
    100       93

Dari contoh KPI perusahaan tersebut, diketahui bahwa HRD memiliki kinerja yang sangat memuaskan karena hasil akhir nilainya hampir mendekati angka 100. Untuk membuat KPI bidang divisi lain tinggal disesuaikan dengan petunjuk pengisian tabel yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

MERAIH FINANCIAL FREEDOM

Apa sih financial freedom atau kebebasan finansial itu? Financial freedom atau kebebasan finansial itu tidak hanya sebatas Anda memiliki banyak uang saja, tetapi financial freedom

ANDA BOLEH KEJAM, ASAL?

Catatan kecil di hari ke 2 Festival Coaching, IBM Genpro 2018 Gurunda coach Dr. Fahmi mengajarkan bahwa SUKSES percaya pada tindakan yang terukur dan dilakukan

IDENTIFIKASIKAN PROSES BISNIS ANDA!

Kesalahan fatal yang sering terjadi dalam usaha adalah kesalahan dalam mengidentifikasi proses bisnis (Business Process). Contoh pada proses produksi box (kotak) berbahan kertas karton memerlukan

USAHA KFC GEROBAK

Bisnis fried chicken merupakan peluang usaha KFC gerobak yang sangat menjanjikan untuk kita kembangkan, dengan investasi yang minim bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar.  Hanya