Pernyataan Tentang Key Performance Indicator Menurut Para Ahli

Pernyataan Tentang Key Performance Indicator Menurut Para Ahli – Dalam proses manajemen bisnis, KPI atau Key Performance Indicator menjadi salah satu aspek yang sangat sering digunakan, terutama untuk menilai tingkat kemajuan yang telah dicapai. Tentu, dengan adanya sebuah indikator yang jelas, maka manajemen bisa melihat bagaimana proses yang berjalan di dalam perusahaan tersebut, terutama yang berkaitan dengan target perusahaan.

Hanya saja, ada beberapa pernyataan tentang key performance indicator dari pada ahli yang perlu disimak. Pernyataan atau pengertian KPI dari para ahli tersebut nantinya akan memberikan tambahan pemahaman yang baik dan menyeluruh.

Sekilas Tentang KPI

Apa yang sebenarnya dimaksud dengan KPI atau Key Performance Indicator tersebut?

Secara singkat, KPI adalah sebuah indikator dalam ilmu manajemen yang memiliki peran penting dalam suatu perusahaan guna melakukan penilaian pada efektivitas performa perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Oleh karenanya, KPI seringkali dipahami sebagai alat yang digunakan untuk mengukur seberapa baik performa dan pencapaian suatu perusahaan, terutama dilihat dari unit kerja, proyek kerja, department, dan lainnya.

Hadirnya KPI di dalam sistem manajemen perusahaan nantinya akan menjadi bantuan yang nyata bagi manajemen untuk melakukan pengawasan. Tidak hanya itu, KPI juga bisa menjadi indikator yang tepat untuk mengukur apakah strategi bisnis yang diterapkan sudah tepat.

Pengertian KPI Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang memiliki pandangan yang menarik untuk disimak perihal pengertian Key Performance Indicator. Nah, berikut adalah pengertian KPI menurut para ahli:

  • Gabčanová Iveta

Dalam Journal of Competitiveness, Gabčanová Iveta berpendapat bahwa pengertian tentang KPI adalah merupakan suatu ukuran yang bersifat kuantitatif serta bertahap untuk perusahaan. Selain itu, KPI memiliki beragam penilaian yang didasarkan pada data konkret serta menjadi sebuah titik awal untuk menentukan tujuan dan menyusun strategi perusahaan.

  • Jacques Warren

Jacques Warren mengatakan bahwa pengertian dari KPI adalah suatu penilaian yang digunakan untuk mengukur peran dari suatu perusahaan yang berkaitan dengan implementasi visi yang strategis. Sementara visi yang strategis tersebut mengacu pada bagaimana sebuah perusahaan menjalankan strategi agar bisa terintegrasi secara menyeluruh dan juga interaktif.

  • David Parmenter

David Parmenter menjelaskan pengertian KPI adalah suatu alat ukur yang sangat penting untuk menunjang suatu kesuksesan dari perusahaan saat ini dan juga di masa yang akan datang.

  • Jyoti Banerjee dan Cristina Bueti

Jyoti Banerjee dan Cristina Bueti di dalam bukunya mengatakan bahwa pengertian KPI adalah sebuah indikator yang digunakan untuk melakukan penilaian berskala dan bersifat kuantitatif. Penilaian ini digunakan untuk melakukan evaluasi pada performa perusahaan, terutama dalam upaya untuk mencapai tujuan dan target yang telah diputuskan.

KPI juga bisa menjadi alat untuk menentukan suatu objek secara terukur, termasuk memantau tren. Di sisi lain KPI bisa menjadi tambahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan perusahaan.

Beberapa hal di atas merupakan pendapat para ahli terkait pengertian KPI. Secara garis besar, bisa dikatakan bahwa PPKI adalah sebuah indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan dan pencapaian dari perusahaan.

Tips Penerapan KPI Dalam Perusahaan

Ada beberapa tips terkait penerapan KPI dalam bisnis agar bisa berfungsi secara optimal. Adapun beberapa fungsi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kolaborasi antara tim, karyawan dan seluruh elemen perusahaan
  • Integrasi antara laporan, ukuran, dan tindakan
  • Hubungan KPI dan strategi

Dengan beberapa tips di atas, tentu penerapan KPI akan cenderung lebih maksimal. Hanya saja, penting bagi perusahaan untuk menentukan detail indikator secara profesional.

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

KOREKSI SOP SEBELUM MANUSIANYA

Jika menjadi lebih mudah untuk tidak memggunakan sistem, berarti Anda memiliki sistem yang buruk. Jadi pastikan bahwa SOP yang Anda buat bisa membantu tim bekerja

KEY ACTIVITIES

Key Activities menjelaskan proses bisnis (business process) dalam operasional usaha Anda. Kegiatan apa saja yang akan dikerjakan untuk mengelola Key Resourses (input) dan mengkorversinya menjadi

USAHA GEROBAK SIOMAY

Siomay ini, disebut makanan popular karena selain rasa nya yang lezat juga disukai oleh siapapun juga.  Mulai orang dewasa sampai anak-anak, makanya tidak aneh jika

SISTEM (SOP) BAGI PELAKU USAHA

Dari sekian banyak pertanyaan tentang Standard Operating Procedure (SOP), dapat disimpulkan bahwa ternyata hanya sedikit yang sudah mengetahui apa itu SOP. Bahkan banyak pelaku usaha