Standar Operasional Prosedur Akuntansi yang Dapat Diterapkan

Sebuah perusahaan tidak dapat berjalan dengan baik apabila tidak menerapkan SOP untuk pegawainya. Sebab dalam sebuah SOP dicantumkan pembagian tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Salah satu SOP yang dapat diterapkan adalah Standar Operasional Prosedur Akuntansi. Standar ini dapat digunakan dalam melakukan pencatatan keuangan di sebuah perusahaan.

Hal ini disebabkan karena dalam SOP tersebut akan tertera cara pembukuan transaksi keuangan perusahaan. Selain itu, ada juga aturan pembuatan jurnal khusus dan masih banyak.

Semua hal tersebut tentu akan digunakan untuk kepentingan akuntansi dalam sebuah perusahaan. Maka dari itu, jika kamu mendirikan perusahaan jangan lupa menerapkan SOP.

Mengenal Standar Operasional Prosedur Akuntansi

Standar Operasional Prosedur Akuntansi dapat diartikan sebagai standar yang dituangkan dalam bidang akuntansi. Di mana standar ini meliputi sebuah kegiatan pencatatan maupun pembukuan.

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa contoh dari pembukuan ini seperti jurnal khusus. Bukan hanya itu, ada juga yang dinamakan buku besar, neraca, dan bahkan laporan akhir dari perusahaan.

Mengapa SOP Akuntansi Sangat Dibutuhkan Perusahaan?

SOP Akuntansi memang mempunyai peran yang sangat penting untuk mengatur jalannya pencatatan keuangan dalam sebuah perusahaan. Dengan begitu, setiap orang mempunyai tanggung jawab.

Bahkan adanya SOP juga sangat membantu untuk kemajuan perusahaan. Adapun alasan mengapa SOP dalam bidang akuntansi dianggap sangat penting sebagai berikut:

  • Dapat memberikan pedoman bagi seorang akuntan publik agar bisa melaksanakan tugasnya dengan baik
  • Dapat memberikan peraturan bagi akuntan publik agar selalu berhati-hati dan independen menyusun laporan keuangan
  • Sebagai sarana dalam menyajikan informasi terkait dengan posisi keuangan hingga prestasi dari perusahaan
  • Informasi keuangan dapat disusun dengan baik berdasarkan dengan SOP sehingga jelas, terpercaya, hingga dapat diperbandingkan
  • Dijadikan sebagai sarana untuk memberikan informasi penting kepada pemerintah tentang peraturan perusahaan, perencanaan keuangan, dan lainnya

Hal Utama yang Harus Ada dalam SOP Akuntansi

Setelah mengetahui alasan yang dimiliki mengapa SOP ini sangat penting dalam bidang akuntansi, tentu ada hal utama yang harus ada di dalamnya. Di mana hal tersebut pun penting diketahui.

Hal penting yang dimaksud ini seperti adanya pengukuran atau penilaian. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut terkait hal utama dalam Standar Operasional Prosedur Akuntansi:

  • Pengukuran

Pengukuran dapat diartikan sebagai penentuan dari jumlah mata uang yang nantinya akan dicatat. Jumlah tersebut akan dicatat dalam sebuah transaksi yang telah dilakukan.

Memang SOP Akuntansi ini dapat dijadikan sebagai pedoman untuk mengukur jumlah rupiah. Di mana jumlah ini harus diperhitungkan dan juga dicatat pertama kali.

  • Definisi Elemen pada Laporan

Pada dasarnya, SOP akuntansi dapat memberikan batasan terkait dengan pengertian yang biasanya digunakan dalam laporan. Dengan begitu dalam pembuatan laporan keuangan tidak terjadi kesalahan.

Adapun bagian elemen laporan keuangan antara lain aktiva, laba, utang, modal, dan lain sebagainya. Selain itu, pos laporan pun berisi rincian dari setiap elemen.

  • Pengungkapan

Pengungkapan memang sangat identik dengan informasi terkait dengan keuangan yang disajikan. Di mana penyajian ini dapat dituangkan dalam bentuk laporan keuangan.

Dengan kata lain, seluruh informasi yang berkaitan dengan keuangan perusahaan harus berdasarkan dokumentasi. Dokumentasi yang diperoleh berdasarkan apa yang ada di lapangan.

Itulah penjelasan lengkap terkait dengan pentingnya Standar Operasional Prosedur Akuntansi dalam perusahaan. Memang SOP ini sangat penting untuk menyusun laporan keuangan.

Selain itu, ada juga hal utama yang harus diperhatikan dalam SOP Akuntansi ini. Maka dari itu, setiap perusahaan harus menerapkan standar tersebut.

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

COST STRUCTURES

Pastikan biaya yang Anda keluarkan lebih kecil daripada pendapatan Anda!, Revenue Streams tidak sempurna tanpa adanya Cost Structures. Cost Structures adalah biaya – biaya yang timbul karena

GEROBAK USAHA BEKAS SECOND

Seiring dengan pertambahan penduduk dari tahun ke tahun membuat lapangan pekerjaan semakin sempit Demi mendapatkan uang yang halal untuk memenuhi kebutuhan hidup, orang giat untu

USAHA SOTO AYAM GEROBAK

Soto, siapa yang tidak tahu menu khas Indonesia yang satu ini. Mulai dari anak-anak, dewasa, tua, muda, ekonomi bawah, menengah hingga atas, semua suka soto.