Faktor yang Berpengaruh Pada Implementasi Key Performance Indicator

implementasi key performance indicator – Key Performance Indicator atau KPI menjadi salah satu aspek yang sangat penting dalam kaitannya dengan manajemen sebuah perusahaan. Sebagaimana diketahui bahwa sistem manajemen perusahaan akan berjalan dengan baik jika fungsi kontrol dan indikator yang digunakan mampu memberikan ukuran yang jelas.

Dengan adanya KPI, maka perusahaan bisa melakukan pengukuran secara valid terkait proses bisnis perusahaan: apakah sudah sesuai dengan target yang hendak ditempuh atau belum. Tentu, apabila ternyata ada masalah atau ketidaksesuaian strategi menurut KPI, maka perusahaan bisa melakukan evaluasi.

Hanya saja, perlu diketahui bahwa implementasi key performance indicator dalam sebuah perusahaan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor tertentu. Pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa faktor yang sangat berpengaruh pada penerapan KPI agar target perusahaan yang dicanangkan bisa tercapai dengan baik.

Beberapa Faktor yang Berpengaruh Pada Implementasi Key Performance Indicator

Dalam implementasi atau penerapan KPI di sebuah perusahaan, ada beberapa faktor yang sangat berpengaruh, terutama merujuk pada apakah KPI tersebut bisa diterapkan dengan baik atau tidak. Berikut ini faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi KPI:

1)     Sistem manajemen

Salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada implementasi KPI dalam perusahaan adalah sistem manajemen. Pasalnya, sistem memegang kondisi perusahaan secara menyeluruh. Dengan sistem yang baik, maka setiap elemen perusahaan pun nantinya akan bekerja dengan baik, termasuk implementasi KPI.

Misalnya saja, dengan sistem manajemen yang baik, maka pengambilan keputusan perusahaan pun bisa dilakukan dengan segera. Tidak hanya itu, karyawan pun nantinya akan mendapatkan motivasi tambahan untuk meningkatkan kinerja mereka.

2)     Budaya perusahaan

Proses implementasi KPI juga sangat berpengaruh pada budaya yang terbangun dalam sebuah perusahaan. Sebagaimana diketahui bahwa budaya menggambarkan perilaku atau adat yang ada di dalam suatu perusahaan.

Dalam hal ini, perusahaan yang memiliki budaya terbuka, terutama dengan ide yang baru serta ingin melakukan pembelajaran secara berkelanjutan, tentu bisa melakukan implementasi KPI dengan lebih baik. Sebaliknya, perusahaan dengan sikap tertutup akan cenderung menjalankan strategi bisnis dengan monoton.

3)     Lingkungan kerja

Faktor lain yang sangat berpengaruh pada implementasi KPI adalah lingkungan kerja. Hal ini sangat penting karena dengan lingkungan kerja yang kondusif, maka karyawan juga bisa bekerja dengan kondusif pula.

Misalnya saja, lingkungan kerja yang nyaman, seperti pencahayaan ruangan yang baik, kebersihan yang terjaga, lingkungan yang tidak bising atau lainnya tentu sangat menunjang karyawan. Lingkungan semacam ini akan meningkatkan efektivitas serta efisiensi karyawan dalam menyelesaikan tugas mereka. Tentu, implementasi KPI pun bisa diterapkan dengan baik.

4)     Deskripsi pekerjaan

Deskripsi pekerjaan juga menjadi salah satu faktor yang sangat penting dan juga berpengaruh pada implementasi KPI dalam suatu perusahaan. Ya, sebagaimana diketahui bahwa deskripsi pekerjaan menjelaskan tentang bagaimana suatu pekerjaan harus dikerjakan dan diselesaikan.

Dengan gambaran pekerjaan yang jelas dan tepat, maka karyawan akan terbantu untuk menyelesaikan tugas mereka. Tentu saja, hasil pengerjaan pun nantinya akan cenderung lebih maksimal dan indikator yang digunakan untuk menilai kinerja karyawan pun bisa terpenuhi dengan maksimal sesuai apa yang diinginkan pihak manajemen.

Beberapa hal di atas adalah ragam faktor yang secara langsung berpengaruh pada implementasi KPI di dalam sebuah perusahaan. Tentu, pemahaman tentang aneka faktor tersebut menjadi sangat penting karena dengan indikator yang jelas, maka target perusahaan nantinya bisa dicapai dengan maksimal dan perusahaan akan senantiasa berkembang.

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

BISNIS ATAU ANDA YANG BEKERJA?

Bradley J. Sugars mengatakan bahwa sistem adalah area bisnis yang paling sering disalah pahami sekarang ini. Itulah kata pendahuluan yang ditulis dalam bukunya Instant System.

RINCIAN USAHA BAKSO GEROBAK

Banyak orang yang memandang sebelah mata para pedagang bakso, entah yang keliling, yang mangkal atau di kios kios kecil. Seberapa besar siyh penghasilan yang mereka