Job Desk Customer Service Dalam Perusahaan yang Perlu Diketahui

Salah satu posisi yang kerap ditawarkan suatu perusahaan adalah customer service. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika customer service menjadi posisi yang paling banyak diburu oleh para pencari pekerjaan.

Apakah Anda termasuk yang berminat dengan posisi ini?

Seperti namanya, posisi customer service dalam perusahaan merupakan layanan yang dibuat untuk memberikan pelayanan maksimal pada customer atau pelanggan. Bisa disederhanakan bahwa seorang customer service adalah perpanjangan tangan perusahaan, terutama berkenaan hubungan secara langsung pada setiap customer.

Dengan adanya customer service –atau CS, maka pelanggan nantinya akan mendapatkan informasi yang akurat dan memadai tentang layanan sebuah perusahaan. Tidak hanya itu, pelanggan yang bermasalah pun akan terbantu dengan solusi yang diberikan.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa hal terkait CS, termasuk job desk customer service sebagai tambahan persiapan untuk Anda yang ingin mendapatkan pekerjaan di posisi ini. Penasaran? Simak ulasannya!

Job Desk Customer Service Secara Umum

Berbincang tentang customer service, maka hal yang tidak bisa dipisahkan adalah layanan pada pelanggan. Hal inilah yang juga membuat posisi seorang customer service menjadi sangat penting dalam sebuah perusahaan.

Namun, jika berbicara lebih detail, ada beberapa job desk customer service secara umum yang perlu diketahui. Adapun beberapa job desk yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1.      Public relation

Salah satu job desk paling penting dari seorang CS adalah public relation. Ya, CS bisa menjadi perpanjangan tangan perusahaan untuk mengurusi masalah publik. Hal ini dikarenakan customer service langsung berhubungan dengan setiap pelanggan.

Terkait peran ini, penting bagi suatu perusahaan untuk memilih CS yang tepat. Pasalnya, perusahaan yang memiliki layanan CS yang baik nantinya bisa menciptakan citra yang baik pula. Bukan tidak mungkin tingkat kepercayaan pelanggan pun nantinya akan meningkat.

2.      Media penjualan

CS memiliki peran yang juga sangat penting sebagai media penjualan. Dalam hal ini, ketika ada pelanggan yang melakukan panggilan untuk menanyakan suatu produk, maka CS bisa memanfaatkan momen ini guna melakukan promosi dan meyakinkan pelanggan.

Memang, CS secara langsung bukan sebagai pemeran utama terkait penjualan tersebut. Namun, dengan kemampuan komunikasi yang baik, CS bisa memberikan saran produk dan layanan pada pelanggan.

3.      Membangun hubungan baik dengan pelanggan

Bisa jadi, membangun hubungan baik dengan pelanggan adalah job desk utama dari seorang CS. Hal ini sangat beralasan karena faktanya, tujuan ditugaskan-nya seorang CS adalah untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan.

Hubungan baik dengan pelanggan yang dibangun dengan ketangkasan CS ini akan memberikan manfaat yang banyak bagi perusahaan. Seperti poin sebelumnya, tingkat kepercayaan pelanggan pun akan meningkat. Oleh karenanya, penting bagi perusahaan untuk mencari CS dengan personalitas yang baik, sabar, dan juga bisa berkomunikasi dengan baik.

4.      Mengelola administrasi

Dalam perusahaan, CS juga memiliki peran yang berkaitan dengan administrasi. Nah, berkaitan dengan poin administrasi, job utama customer service adalah untuk memasukkan data informasi terkait pelanggan di sistem komputer.

Misalnya saja, ketika ada pelanggan yang melakukan pemesanan, maka CS bisa memasukkan data tersebut ke sistem. Dengan pengelolaan administrasi yang tepat, tentu perusahaan pun nantinya bisa memiliki data pelanggan yang lengkap dan berguna untuk melakukan promosi lanjutan.

Tentu, selain beberapa job desk di atas, CS masih memiliki ragam tugas. Di mana job desk customer service bisa disesuaikan dengan perusahaan tempat ia bekerja.

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

KISAH SUKSES USAHA GEROBAK

Setiap hari anda pasti membeli makan alias jajan dari pedagang makanan keliling yang memakai gerobak sebagai alat mobilitasnya. entah itu bakso, somay, pempek, batagor, mi

USAHA MIE RAMEN GEROBAK

Anda penggemar makanan jepang? Aneka makanan jepang memang cukup berbagai ragam. Dari sekian banyak makanan jepang yang kini cukup populer di Indonesia salah satunya mie

KEY RESOURSES ( SUMBER KUNCI )

Apa  yang anda butuhkan dalam mengelola bisnis ?. Tentu anda membutuhkan sumber daya atau resourses, dalam Business Modal Canvas (BMC) istilah tersebut dikenal dengan Key