Kualifikasi dan Job Desk Manager Dalam Perusahaan

Ketika mendengar tentang manager, masyarakat awam akan membayangkan seseorang dengan posisi penting, tinggi, dan memiliki banyak pengaruh di perusahaan. Bayangan tersebut memang tidak salah karena faktanya demikian.

Namun, manager tentu saja bukan hanya seseorang dengan kuasa tinggi dalam sebuah perusahaan. Ia –yang menjabat di posisi ini, memiliki peran yang sangat krusial dan berkaitan dengan pencapaian perusahaan sesuai dengan target yang sudah dicanangkan.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa hal terkait manager dalam perusahaan, termasuk job desk manager. Penasaran apa saja hal yang perlu diketahui tentang posisi ini? Simak ulasan selengkapnya!

Pengertian Dasar Manager

Untuk mengetahui hal-hal tentang manager, pemahaman dasar harus dimulai dari memahami pengertian dari manager itu sendiri. Dalam hal ini, secara singkat, manager adalah seseorang yang memiliki tugas untuk mengatur dan mengarahkan orang lain guna mencapai tujuan dari perusahaan atau organisasi yang sudah ditentukan sebelumnya.

Selain itu, manager adalah seseorang yang berupaya untuk mencari strategi dan jalan yang tepat untuk meraih target perusahaan atau organisasi dengan lebih efisien dan maksimal. Oleh karenanya, bisa dikatakan bahwa jalannya perusahaan, terutama berkaitan dengan pencapaian target, sedikit banyak dipengaruhi oleh peran dari seorang manager.

Job Desk Manager Dalam Perusahaan

Sebagaimana disinggung sebelumnya bahwa manager adalah posisi yang sangat penting dalam perusahaan, yang mana akan berpengaruh pada jalannya perusahaan secara umum. Oleh karenanya, bisa dikatakan jika manager memiliki job desk yang cukup kompleks.

Adapun beberapa job desk manager dalam perusahaan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mempertahankan staf dengan merekrut, memilih, melakukan orientasi, serta menjalankan pelatihan karyawan dan mengatur lingkungan kerja yang lebih aman, nyaman, serta kondusif
  • Menyelesaikan serta melakukan evaluasi kinerja staf dengan cara melakukan komunikasi, menyusun rencana kerja, melakukan monitoring, dan melakukan penilaian pada hasil pekerjaan
  • Melakukan coaching, konseling, serta mendisiplinkan karyawan, mengembangkan sistem, dan meningkatkan standar produktivitas
  • Menetapkan tujuan strategis dengan mengumpulkan bidang bisnis yang bersangkutan
  • Melakukan identifikasi serta melakukan evaluasi pada tren, memilih tindakan dan mendefinisikan tujuan dari perusahaan
  • Mempertahankan kualitas layanan dengan cara menegakkan standar kualitas dan juga layanan pelanggan
  • Melakukan pengambilan keputusan, membuat rencana, menyusun organisasi, dan memberikan penilaian

Beberapa hal di atas adalah ragam job desk dari seorang manager yang ada dalam perusahaan. Tentu, selain tugas di atas, seorang manager juga memiliki tugas lain yang sangat penting dan harus dijalankan secara baik.

Kualifikasi Seorang Manager Dalam Perusahaan

Dikarenakan memiliki peran dan tugas yang sangat penting, terutama berkenaan dengan tujuan perusahaan, maka seorang manager harus memiliki kualifikasi yang tepat. Adapun beberapa kualifikasi dari seorang manager yang baik adalah sebagai berikut:

  • Memiliki integritas yang baik dan kejujuran
  • Bertanggung jawab
  • Disiplin
  • Memiliki interpersonal yang baik
  • Memiliki keahlian untuk membangun motivasi
  • Memiliki kemampuan untuk melakukan komunikasi yang baik
  • Memiliki kemampuan analisis yang mumpuni
  • Memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas
  • Bisa mengambil keputusan yang tepat di dalam berbagai situasi

Dengan adanya beragam kualifikasi dari seorang manager, tentu manajemen harus lebih selektif dalam memilih manager yang baru. Serta, perlu diperhatikan bahwa jika perusahaan memiliki seorang manager yang sangat berkompeten, bukan tidak mungkin perusahaan tersebut akan terus berkembang dan bisa meraih target dengan maksimal.

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

KEKAYAAN BOS ZOOM NAIK 66 TRILIUN

Menurut laporan CNN Kekayaan BOS ZOOM naik 66 Triliun dalam 3 bulan ini. Tapi ntar dulu, jangan cuma iri pada hasilnya tapi lihat bagaimana perjalanan

TIPS USAHA GEROBAK

Banyak jalan untuk membuat usaha mandiri dan kreatif. Salah satunya yaitu membuka usaha gerobak. Ide usaha ini dibutuhkan kreatifitas dan konsep yang tepat dari sobat.

TIPS SEDERHANA MANAJEMEN SDM

Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi hal penting buat perusahaan, apalagi kalau perusahaan tersebut memiliki jumlah karyawan yang banyak. Kalau Anda mengelola usaha kecil, mungkin

PERBEDAAN CEO, OWNER, FOUNDER DAN CO-FOUNDER

Ada yang masih bingung dengan perbedaan CEO, Owner, Founder dan Co-Founder dalam dunia bisnis. Karena itu berikut bisa saya jelaskan sedikit pengertian masing-masing istilah tersebut.