Menyimak Tanggung Jawab dan Job Deskripsi Direktur Dalam Perusahaan

job deskripsi direktur – Tidak dimungkiri bahwa dalam sebuah perusahaan, direktur memiliki peran dan fungsi yang sangat penting. Ya, direktur menduduki salah satu posisi tertinggi dalam sebuah perusahaan. Dilihat dari posisinya, maka peran direktur akan sangat menentukan perjalanan perusahaan ke depan, terutama dalam rangka pengembangan dan juga menghadapi persaingan.

Oleh karenanya, bagi manajemen perusahaan, memilih direktur yang tepat adalah suatu perkara yang sangat penting. Ketika manajemen salah dalam memilih direktur, maka tidak menutup kemungkinan jika perusahaan akan mengalami masalah yang cukup pelik.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa hal terkait direktur, termasuk job deskripsi direktur untuk tambahan wawasan. Tentu, dengan wawasan yang lebih, maka Anda nantinya bisa memahami apa dan bagaimana seorang direktur dalam perusahaan tersebut.

Pengertian Direktur Secara Umum

Apa yang sebenarnya dimaksud dengan direktur dalam suatu perusahaan?

Dalam pengertian singkat, direktur merupakan seseorang yang telah ditunjuk untuk menjadi pemimpin bagi perseroan terbatas atau PT. Ada beberapa alasan terkait penunjukan seorang direktur, seperti karena ia memiliki perusahaan, ditunjuk oleh pemilik perusahaan, dan lainnya.

Selain itu, dalam suatu perusahaan setidaknya ada satu orang direktur yang memimpin di mana peran dan wewenang disesuaikan dengan anggaran dasar perusahaan. Hanya saja, pada umumnya, ada beberapa direktur yang membidangi divisi tertentu di dalam sebuah perusahaan untuk kinerja yang lebih terperinci dan lebih fokus.

Job Deskripsi Direktur Secara Umum

Sebagaimana disinggung di awal bahwa direktur merupakan seseorang dengan posisi tertinggi dan penting dalam suatu perusahaan. Oleh karenanya, direktur tentu memiliki gambaran tugas atau job deskripsi yang tidak kalah penting.

Adapun beberapa job deskripsi dari seorang direktur secara umum diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memberikan pengawasan secara menyeluruh pada suatu bisnis serta proses bisnis dari sebuah perusahaan yang ia pimpin
  • Menunjuk seseorang untuk dijadikan pemimpin dari berbagai divisi yang ada di dalam perusahaan
  • Melakukan rapat dengan semua jajaran yang ada di dalam perusahaan sesuai dengan keperluan demi stabilitas perusahaan yang lebih baik
  • Melakukan evaluasi yang detail dan menyeluruh, terutama terkait aktivitas yang ada di dalam perusahaan tersebut, terutama terkait pengembangan bisnis
  • Menyusun strategi bisnis yang tepat untuk memajukan perusahaan dan juga memenangkan persaingan dengan perusahaan lainnya
  • Mengimplementasikan visi serta misi dari perusahaan yang ia pimpin dan berusaha untuk menggapainya secepat mungkin

Beberapa poin di atas adalah apa yang menjadi job deskripsi direktur secara umum. Namun, posisi direktur juga dibagi menjadi beberapa bagian, seperti direktur umum, direktur operasional, direktur keuangan, dan lainnya. Maka nantinya ada tugas direktur secara khusus sesuai dengan posisi yang mereka pimpin.

Tanggung Jawab Direktur Perusahan

Tidak hanya memiliki job deskripsi yang cukup banyak, seorang direktur juga memiliki tanggung jawab yang tidak kalah besar. Misalnya saja, seorang direktur memiliki kewajiban untuk membuat berbagai kebijakan di dalam sebuah perusahaan yang ia pimpin.

Selain itu, seorang direktur juga memiliki tanggung jawab untuk mengatasi setiap kerugian yang terjadi di dalam perusahaan. Serta, ia harus mengatur karyawan, termasuk melakukan perekrutan dan melakukan pengawasan secara berkala.

Untuk tambahan, seorang direktur juga memiliki tanggung jawab dalam membuat laporan perusahaan dan melaporkannya pada para pemegang saham.

Nah, demikian beberapa hal terkait direktur, terutama job desk serta tanggung jawab yang dimiliki. Memang, direktur akan memiliki fasilitas yang memadai. Namun, di sisi lain ia memiliki beban yang besar pula.

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

ANALISA USAHA BURGER GEROBAK

Burger adalah makanan yang berasal dari benua eropa yang di sajikan untuk sarapan atau makan siang, burger terdiri dari roti tebal bulat yang di belah

USAHA PEMPEK GEROBAK

Usaha pempek gerobak banyak dilirik oleh para pelaku bisnis karena makanan khas Palembang ini selain unik dan lezat juga pas di lidah masyarakat Indonesia. Sekarang

USAHA SOTO AYAM GEROBAK

Soto, siapa yang tidak tahu menu khas Indonesia yang satu ini. Mulai dari anak-anak, dewasa, tua, muda, ekonomi bawah, menengah hingga atas, semua suka soto. 

MITOS TENTANG SISTEM

Ada yang bilang bisnis itu… –          Susah… rumit… –          SOP hanya untuk perusahaan besar… –          Hanya diperlukan kalau karyawan sudah banyak… –          Sudah dibuat tapi