Job Deskripsi Manager Keuangan Dalam Perusahaan

Dalam sistem operasional dan manajemen perusahaan, bisa dikatakan bahwa keuangan menjadi aspek yang sangat penting. Bagaimana tidak, kondisi keuangan akan berdampak pada bagaimana perusahaan tersebut berjalan, terlebih untuk meningkatkan profit dari waktu ke waktu. Tentu, dengan sistem keuangan yang baik, keuntungan perusahaan akan semakin baik pula.

Nah, untuk mewujudkan kondisi tersebut, maka diperlukan dukungan yang maksimal, salah satunya dari manager keuangan. Seperti namanya, seorang manager keuangan akan bertugas untuk mengurus seluk beluk mengenai keuangan perusahaan.

Namun, perlu diketahui bahwa job deskripsi manager keuangan sebenarnya juga cukup kompleks. Nah, di sini Anda bisa mencari tahu beberapa job deskripsi dari manager keuangan tersebut dalam sebuah perusahaan. Penasaran apa saja yang menjadi tugas dari seorang manager keuangan? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang Manager Keuangan

Sebelum membahas tentang job deskripsi dari manager keuangan, tentu saja Anda perlu tahu apa yang dimaksud dengan manager keuangan tersebut. Secara singkat, manager keuangan adalah seseorang yang bekerja untuk menciptakan strategi yang tepat perihal pengurusan keuangan perusahaan, mulai dari perencanaan hingga aplikasi.

Bisa dikatakan bahwa sumber daya keuangan sebuah perusahaan menjadi domain dari seorang manager keuangan. Artinya, bagaimana jalannya proses perusahaan, terutama terkait keuangan akan dipengaruhi oleh kinerja manager keuangan. Hal inilah yang menjadi dasar bahwa penentuan seorang manager keuangan harus dilakukan dengan tepat.

Job Desk Manager Keuangan

Sebagaimana disinggung di awal bahwa seorang manager keuangan memiliki tugas yang cukup besar dan banyak. Tidak hanya itu, peran dari manager keuangan juga sangat penting terutama yang berkaitan dengan operasional dan upaya perusahaan untuk mendapatkan keuntungan.

Nah, seorang manager keuangan memiliki beberapa job desk yang sangat penting diantaranya adalah sebagai berikut:

1)     Bekerja sama dengan manager lain

Perlu diketahui bahwa dalam sebuah perusahaan, ada beberapa manager dengan bidang masing-masing yang berbeda, termasuk tentu saja manager keuangan. Salah satu job desk dari seorang manager keuangan adalah bekerja sama dengan manager lainnya.

Ini adalah poin yang bisa dikatakan sangat penting. Kerja sama antara manager keuangan dengan manager lainnya di dalam sebuah perusahaan akan menentukan arah perjalanan perusahaan. Dengan kerja sama yang baik, tentu visi dan misi perusahaan bisa berjalan dengan baik.

2)     Membuat perencanaan umum tentang keuangan

Bisa dikatakan bahwa mengurus perihal keuangan adalah job desk manager keuangan yang sangat penting. Dalam hal ini, seorang manager keuangan akan dibebani dengan tugas untuk membuat perencanaan umum, terutama terkait rencana keuangan perusahaan.

Misalnya, manager keuangan harus membuat rencana keuangan bagi perusahaan untuk operasional selama 1 tahun. Tentu, seseorang yang berada dalam posisi ini harus memiliki kemampuan untuk menyusun perencanaan dengan tepat.

3)     Menjalankan operasional perusahaan dengan efektif dan efisien

Selain membuat perencanaan tentang masalah keuangan perusahaan, manager keuangan juga memiliki job desk untuk menjalankan roda operasional perusahaan dengan efektif dan juga efisien. Artinya adalah perencanaan yang dibuat harus dijalankan dengan tepat dan juga efisien.

Seorang manager keuangan harus berusaha untuk menggunakan dana perusahaan dengan bijak. Bukan hanya ketika menggunakan dana untuk pengadaan kebutuhan perusahaan saja, melainkan juga ketika pengambilan keputusan untuk investasi.

Beberapa hal di atas adalah apa yang menjadi job desk dari seorang manager keuangan. Tentu saja, selain beberapa tugas di atas, manager keuangan masih memiliki beberapa job desk penting yang perlu dipahami dengan baik.

Bagikan Promo ini ke teman Anda :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya:

TEMUKAN BEST PRACTICE BISNIS ANDA

Best Practice atau praktik terbaik dapat didefinisikan sebagai suatu cara paling efisien (upaya paling sedikit) dan efektif (hasil terbaik) untuk menyelesaikan suatu tugas, berdasarkan suatu

KEY ACTIVITIES

Key Activities menjelaskan proses bisnis (business process) dalam operasional usaha Anda. Kegiatan apa saja yang akan dikerjakan untuk mengelola Key Resourses (input) dan mengkorversinya menjadi